Jumat 19 Feb 2021 18:29 WIB

Sumur Resapan Efektif Minimalisasi Banjir di Jaktim

Mesin bor dari danone Indonesia akan digunakan untuk membuat sumur resapan.

Serah terima simbolis sumbangan pompa bor dari Yudhitia Ariwinanto, Ciracas Sentul Factory Manager, Danone SN Indonesia, kepada Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar, Jumat (19/2).
Foto: Istimewa
Serah terima simbolis sumbangan pompa bor dari Yudhitia Ariwinanto, Ciracas Sentul Factory Manager, Danone SN Indonesia, kepada Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar, Jumat (19/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) mendukung upaya pemerintah Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, dalam pencegahan dan penanggulangan banjir. Dukungan berupa unit mesin bor tersebut akan digunakan untuk membuat sumur resapan di Kecamatan Pasar Rebo.

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar mengapresiasi bantuan Danone SN Indonesia sebagai langkah kolaboratif untuk menjaga masyarakat di Jakarta Timur. "Bantuan dari pihak swasta ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan sejalan dengan Program Sumur Resapan dan Gerakan Menabung Air dalam upaya penanggulangan genangan maupun solusi apabila terjadi kemarau yang berkepanjangan," kata Anwar, Jumat (19/2).

Yudhitia Ariwinanto selaku Ciracas & Sentul Factory Manager Danone SN Indonesia mengatakan bantuan yang diberikan Danone SN Indonesia berupa 1 unit mesin bor yang nantinya akan digunakan untuk membuat sumur resapan sedalam 20 meter di Kecamatan Pasar Rebo. Sumur resapan sendiri merupakan salah satu cara efektif untuk menampung air hujan dan meresapkannya ke dalam tanah, untuk mencegah genangan di permukaan maupun ‘tabungan’ saat musim kemarau tiba.

“Danone SN Indonesia berkomitmen untuk mendukung kesehatan masyarakat termasuk dalam upaya pencegahan bencana yang rentan terjadi. Kami senang dapat diizinkan terlibat bersama seluruh jajaran pemerintah Jakarta Timur khususnya dalam Gerakan Menabung Air guna merespon potensi bencana akibat tingginya curah hujan yang terjadi saat ini,” kata Ariwinanto dalam rilisnya, Jumat.

Di waktu yang bersamaan, Danone SN Indonesia juga menerima beberapa penghargaan dari pemerintah setempat atas upaya bersama menjaga kesehatan dan keselamatan warga.

Di antaranya adalah penghargaan dari Wali Kota atas dukungan terhadap Program Sumur Resapan dan Gerakan Menabung Air, penghargaan dari Kecamatan Pasar Rebo atas partisipasi dalam Gerakan Menabung Air, hingga penghargaan atas partisipasi dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kecamatan Pasar Rebo.

Dukungan mesin bor ini melengkapi upaya Danone SN Indonesia, terutama mewakili Pabrik di Ciracas, dalam membantu pemerintah setempat maupun membantu kebutuhan yang ada di masyarakat Kecamatan Pasar Rebo. Dalam bidang pendidikan, pihak Pabrik baru-baru ini meresmikan renovasi gedung PAUD di sekitar pabrik, dan melalukan edukasi kepada peserta didik terkait kesehatan, keselamatan berlalu lintas, serta kelistrikan sebelum pandemi terjadi.

Selama pandemi Covid-19, Nutricia dan perusahaan yang menjadi bagian Danone di Indonesia telah bekerja sama dengan pemerintah, berbagai lembaga, rumah sakit, maupun organisasi sosial untuk menyalurkan bantuan senilai Rp 30 Miliar berupa alat pelindung diri, peralatan medis seperti ventilator dan tempat tidur, bantuan nutrisi dan hidrasi bagi tenaga medis, hingga kelompok rentan.

Selanjutnya, Danone Indonesia akan terus menjaga kualitas produk, memberikan bantuan serta bekerja sama dengan berbagai pihak agar dapat berkontribusi dan menggerakkan masyarakat untuk saling jaga mengatasi dampak Covid-19 di Indonesia.

“Kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta tentunya diperlukan untuk menjawab kebutuhan yang ada di masyarakat. Kami berharap dukungan ini dapat memberikan dampak positif yang langsung maupun tidak langsung kepada pemerintah dan masyarakat,” tutup Ariwinanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement