Jumat 19 Feb 2021 17:55 WIB

Kunjungi Muhammadiyah, Ini Tiga Wejangan ke Kapolri

Kedatangan Listyo mengenalkan program dan langkah yang perlu sinergi Muhammadiyah.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.
Foto: Republika/ Wihdan
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersilaturahim ke Kantor PP Muhammadiyah. Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir mengungkapkan, kedatangan itu mengenalkan program dan langkah yang perlu sinergi Muhammadiyah.

Pada kesempatan itu, Haedar memberikan tiga wejangan kepada Listyo. Pertama, pada masa pandemi Muhammadiyah bersama jajaran Polri dengan porsi dan peran masing-masing perlu membangun jaringan meningkatkan ikhtiar mengatasi covid.

Kedua, lanjut Haedar, perlunya Muhammadiyah dan jajaran Polri mendiskusikan dan menyatukan visi merekat persatuan bangsa. Meningkatkan peran sosial, kesehatan, pendidikan sampai pemberdayaan yang melintasi batas untuk semua warga bangsa.

Ia menekankan, Muhammadiyah akan terus berusaha merajut persatuan dan menjaga kebhinekaan. Bahkan, di daerah-daerah yang mana Muhammadiyah dan umat Islam merupakan minoritas, tidak ada kendala senantiasa hadir dengan peran-perannya.

"Tidak ada kendala bagi Muhammadiyah untuk hadir dengan peran-peran yang bersifat memberdayakan, memajukan dan menyatukan kehidupan bangsa, sebagaimana yang Muhammadiyah lakukan di Indonesia timur," kata Haedar, Jumat (19/2).

Ketiga, mereka turut mendiskusikan pada era media sosial seperti saat ini perlu Muhammadiyah dan jajaran Polri terus melakukan upaya-upaya mencerdaskan bangsa. Termasuk, memaksimalkan peran-peran edukasi terkait ketertiban dan keamanan.

"Serta, kehidupan yang bisa saling toleran satu sama lain di tengah keragaman," ujar Haedar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement