Jumat 19 Feb 2021 14:53 WIB

Enam Pertimbangan Gunakan Furnitur Kayu di Rumah

Furnitur kayu memiliki daya tahan tinggi dan tidak mudah rusak.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati

Menata rumah dengan tepat tentu menjadi hal yang selalu dilakukan oleh kebanyakan orang, barangkali termasuk Anda juga. Bukan sekadar untuk kenyamanan semata, namun penataan rumah juga akan mempercantik dan membuat tampilan rumah tampak lebih artistik. 

Sebagian orang bahkan secara khusus menggunakan jasa profesional untuk urusan yang satu ini. Namun tidak harus selalu mahal, Anda juga bisa menata sendiri rumah Anda dengan cara memilih berbagai furniture yang tepat.

furniture kayu

Furnitur kayu merupakan salah satu pilihan yang banyak dipakai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat material yang satu ini begitu mudah ditemukan di tanah air. 

Beragam jenis kayu bisa ditemukan dalam berbagai bentuk furnitur yang unik dan menarik. Rumah akan tampil lebih indah dan nyaman, apalagi jika bisa memilih desain yang tepat dan sesuai untuk setiap ruangan. 

Jika selama ini Anda tidak begitu tertarik dengan furniture berbahan kayu, maka ada baiknya Anda mempertimbangkannya kembali.

Berikut ini adalah beberapa poin penting, yang dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk menggunakan furniture kayu:

 

1. Lebih kuat dan tahan lama

Daya tahan tentu selalu menjadi pertimbangan ketika akan membeli, mengingat harga furniture memang tidak bisa dianggap murah juga. Namun ketika Anda memilih furnitur berbahan kayu, hal yang satu ini tidak akan menjadi masalah lagi. Furnitur kayu memiliki daya tahan yang tinggi dan tidak mudah rusak, bahkan meski digunakan selama belasan hingga puluhan tahun. 

Hal ini bisa Anda lihat dari banyaknya furnitur kayu yang pada akhirnya berubah menjadi barang antik yang memiliki nilai tersendiri. Berbagai furniture dari material kayu akan bisa Anda gunakan untuk jangka waktu yang panjang, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan budget tinggi untuk selalu membeli yang baru. Selain itu, perawatan furniture kayu juga terbilang mudah. 

Anda hanya perlu memperbarui bagian lapisannya saja secara berkala, maka perabotan kayu Anda sudah akan terlihat baru kembali.

2. Memberi kesan alami dan nyaman

Nuansa yang natural akan langsung terlihat pada rumah Anda, jika Anda menempatkan sejumlah furnitur kayu di dalamnya. Kesan artistik akan memberi kenyamanan tersendiri, apalagi jika Anda bisa memilih jenis furnitur yang sesuai untuk ruangan-ruangan di rumah Anda. 

Namun meski begitu, kesan mewah juga bisa ditampilkan melalui furnitur kayu ini. Anda hanya perlu memilih furniture dengan desain unik nan menawan, seperti sofa berukir atau bahkan meja yang ditempatkan di ruang tamu Anda.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis Dua Lantai dan Tips Membangunnya dengan Biaya Murah 

3. Mudah didapatkan dan ramah lingkungan

Sebagai negara yang memiliki banyak sekali jenis kayu, Indonesia tentu menghasilkan banyak furnitur berkualitas berbahan kayu. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan beragam pilihan produk ini, bahkan dalam pilihan harga yang sangat beragam. 

Furnitur kayu merupakan produk ramah lingkungan dan bahan bakunya masih selalu bisa diperbarui. Jika dibandingkan dengan furniture berbahan plastik atau bahkan material lainnya, furniture kayu tentu akan jauh lebih aman untuk digunakan.

4. Memiliki banyak bentuk dan desain

Tidak hanya hadir dalam bentuk yang monoton, furniture kayu juga sudah bisa Anda temukan dalam berbagai bentuk. Jika Anda termasuk orang yang senang dengan desain klasik, maka memilih furnitur kayu dengan ukiran indah tentu dapat menjadi pertimbangan. 

Namun jika Anda termasuk orang yang memiliki selera modern dan simpel, Anda juga bisa menemukan banyak pilihan furnitur kayu yang minimalis dan memiliki kesan elegan. Anda bisa menyesuaikan jenis dan desain furnitur kayu ini dengan kebutuhan serta karakter Anda sendiri.

Baca Juga: Saat Desain Rumah, Anda Perlu Perhatikan 10 Poin Penting ini

5. Harganya cukup beragam

Furnitur kayu memang kerap dijual dengan harga yang tinggi, apalagi jika dibuat dari jenis kayu yang sangat berkualitas dengan tingkat pembuatan yang sulit. Namun selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak pilihan lainnya dengan harga yang cukup terjangkau. 

Furnitur kayu dengan desain yang simpel biasanya dijual lebih murah, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk membeli dan membawanya pulang. Jika menginginkan produk berbahan kayu ini, Anda akan sangat leluasa untuk memilih yang paling tepat dan sesuai dengan bujet Anda tentunya.

6. Cocok dengan semua desain interior

Apapun konsep desain interior di rumah Anda, jangan ragu untuk menempatkan furnitur kayu di dalamnya. Furniture kayu bisa cocok untuk semua desain interior, bahkan untuk yang paling modern sekalipun. 

Sesuaikan ukuran furnitur kayu Anda dengan setiap ruangan, agar tampilan rumah Anda menjadi lebih menarik. Selain itu, pemilihan furniture yang tepat seperti ini akan membuat keseluruhan rumah terasa lebih nyaman.

Pilih Furnitur Kayu yang Tepat dan Sesuai dengan Rumah Anda

Menggunakan furnitur kayu bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan tampilan rumah yang elegan. Anda bisa menemukan banyak pilihan furniture kayu dengan lebih mudah, bahkan harganya juga cukup beragam. Pastikan Anda memilih furnitur kayu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan rumah Anda, sehingga setiap ruangan di rumah akan menjadi lebih indah dan nyaman.

Baca Juga: Mau Bangun Rumah? Ini 5 Alasan Pentingnya Menggunakan Jasa Desain Rumah Profesional

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement