Jumat 19 Feb 2021 11:52 WIB

2 Minuman Ini Bisa Bantu Penyintas Sakit Jantung dan Strok

Minuman ini berperan penting dalam proses pemulihan serangan jantung dan strok.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ada minuman yang berperan penting dalam proses pemulihan serangan jantung dan stroke.
Foto: picpedia.org
Ada minuman yang berperan penting dalam proses pemulihan serangan jantung dan stroke.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa studi telah mengungkapkan bahwa teh hijau memiliki beberapa manfaat kesehatan. Sebagian di antaranya adalah dapat memperbaiki kadar kolesterol, meningkatkan fungsi otak, dan memberikan manfaat antikanker.

Dilansir dari eatthis, Jumat (19/2), studi terbaru mengungkapkan bahwa teh hijau juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Menurut studi dalam jurnal Stroke tersebut, teh hijau dapat memainkan peran penting dalam proses pemulihan serangan jantung dan strok.

Baca Juga

Melalui jurnal tersebut, peneliti mengungkapkan bahwa penyintas strok yang minum setidaknya tujuh gelas teh hijau per hari memiliki risiko kematian akibat berbagai sebab 62 persen lebih rendah dibandingkan sesama penyintas strok yang tak minum teh hijau. Cara yang sama juga menurunkan risiko kematian pada penyintas serangan jantung sebesar 53 persen lebih rendah.

Selain teh hijau, kopi juga diketahui memiliki manfaat serupa. Berdasarkan studi, minum satu gelas kopi per hari dapat menurunkan risiko kematian hingga 22 persen pada penyintas serangan jantung.

 

Studi tidak menemukan adanya hubungan antara konsumsi teh hijau dengan risiko kematian pada partisipan yang tak memiliki riwayat strok atau sakit jantung. Akan tetapi, minum secangkir kopi setiap hari membuat risiko kematian partisipan tanpa riwayat strok dan sakit jantung ini menurun 14 persen lebih rendah.

Studi ini dilakukan selama 20 tahun dengan melibatkan hampir 50 ribu orang dewasa berusia 40-79 tahun di Jepang. Para partisipan yang terlibat dalam studi biasa meminum teh hijau tanpa campuran gula, akan tetapi mereka terkadang meminum kopi dengan tambahan susu dan gula.

Saat ini, tim peneliti masih belum bisa menyimpulkan apa yang membuat teh hijau dan kopi dapat memperpanjang harapan hidup. Peneliti mengungkapkan perlu adanya studi lebih lanjut untuk memahami hal tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement