Jumat 19 Feb 2021 06:20 WIB

Ini Jalur Masuk Kelas Internasional IPB University

Kelas Internasional IPB dibuka untuk WNI dan WNA.

Gedung Rektorat IPB University.
Foto: Dok IPB University
Gedung Rektorat IPB University.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Bagi kamu yang sedang mempersiapkan untuk masuk kuliah dan suka cas cus dengan Bahasa Inggris, Jalur Kelas Internasional IPB University bisa jadi pilihan. “Selain terbiasa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, di kelas ini, mahasiswa juga akan merasakan suasana kuliah layaknya di luar negeri,” kata Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, Dr Drajat Martianto melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (18/2).

Di kelas ini mahasiswa juga akan mendapatkan pengalaman internasional. Mahasiswa kelas internasional berpeluang untuk mengikuti program pertukaran pelajar, summer course dan event internasional lainnya. “Selain itu kamu juga bakal banyak berinteraksi dengan mahasiswa dari luar negeri karena kelas internasional juga menerima mahasiswa dari luar negeri,” ujarnya.

Dr Drajat menyebutkan, ada lima program studi yang membuka Kelas Internasional di IPB University. Yakni Kedokteran Hewan, Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Teknik Industri Pertanian (TIN), Sekolah Bisnis, serta Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK).

Tertarik masuk Kelas Internasional IPB University, ini dia syaratnya. Siapkan nilai rapor selama lima semester untuk empat mata pelajaran yakni Matematika, Fisika, Biologi, Kimia.

“Metode seleksi Kelas Internasional berbeda untuk WNI dan WNA. Untuk WNI, terbuka dua gelombang. Gelombang 1 merupakan seleksi berbasiskan rapor  dan Gelombang 2 bersamaan dengan  jalur Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK) IPB University.  Namun untuk jalur Kelas Internasional ini, ujian dilakukan dalam Bahasa Inggris. Ujian tulis meliputi Matematika, Kimia, Biologi, dan Fisika. Khusus untuk Program Studi Kedokteran Hewan terdapat materi ujian mengenai Kedokteran Hewan,” paparnya.

Lebih lanjut Dr Drajat Martianto mengatakan bahwa untuk WNA, seleksi berdasarkan ujian tulis dalam bahasa Inggris dan dilaksanakan lebih awal di bulan Mei.

Ia menyebutkan, daya tampung Kelas Internasional IPB University tahun 2021: Kedokteran Hewan (50 mahasiswa), Teknologi Pangan (25 mahasiswa), Teknik Industri Pertanian (25 mahasiswa), Sekolah Bisnis (50 mahasiswa), Ilmu dan Teknologi Kelautan (40 mahasiswa).

Berikut ini jadwal terkait proses seleksi masuk Kelas Internasional IPB University:

Pendaftaran jalur ini dilaksanakan secara online.

Gelombang I (berdasarkan rapor  untuk WNI):

Pendaftaran: 1 Februari – 14 April 2021

Seleksi: awal Mei 2021

Pengumuman: 29 Mei 2021

Registrasi online: 30 Mei – 4 Juni 2021

Unduh Tagihan UKT: 7 Juni 2021

Periode Pembayaran UKT: 7-13 Juni 2021

Awal perkuliahan: 16 Agustus 2021

Gelombang II (untuk WNI):

Pendaftaran gelombang II mengikuti jadwal UTMBK. Jadwalnya bisa dilihat di admisi.ipb.ac.id.

Jadwal untuk WNA juga sudah tersedia di admisi.ipb.ac.id.

“Peserta jalur Kelas Internasional IPB tahun 2021 adalah lulusan SMA/MA/SMK IPA baik dalam negeri maupun luar negeri tahun 2019, 2020, atau 2021 bagi jalur UTMBk. Sedangkan untuk seleksi gelombang I WNI, diperuntukkan bagi lulusan tahun berjalan. Informasi  lengkap tentang jalur Kelas Internasional, silahkan kunjungi laman admisi.ipb.ac.id,” kata Drajat Martianto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement