Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

20 Persen Calon Mahasiswa Gagal SNMPTN Saat Pencocokan Nilai

Jumat 19 Feb 2021 02:30 WIB

Red: Ani Nursalikah

20 Persen Calon Mahasiswa Gagal SNMPTN Saat Pencocokan Nilai. Seorang lulusan SMA mencari informasi hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

20 Persen Calon Mahasiswa Gagal SNMPTN Saat Pencocokan Nilai. Seorang lulusan SMA mencari informasi hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Siswa harus memasukkan nilai sesuai dengan yang diminta.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wakil Rektor (WR) I Universitas Negeri Padang (UNP) Refnaldi mengatakan 20 persen calon mahasiswa yang mendaftar di SNMPTN yang sudah lulus gagal diterima saat pencocokan nilai dengan data yang sudah dimasukkan sebelumnya.

"Siswa yang memasukkan nilai rapor perlu mengetahui sekitar 20 persen siswa yang sudah diterima lewat jalur SNMPTN gagal karena tidak lulus verifikasi nilai rapor. Siswa harus teliti supaya nilai yang dimasukkan sesuai dengan rapor yang diunggah," kata Refnaldi, Kamis (18/2).

Ia mengingatkan siswa memasukkan nilai sesuai dengan yang diminta. Jika diminta nilai pengetahuan, jangan nilai keterampilan yang dimasukkan hanya karena nilai itu lebih tinggi. Calon mahasiswa juga jangan menggabungkan kedua nilai lalu mengambil rata-ratanya karena itu akan bermasalah pada verifikasi nilai.

Baca Juga

Menurutnya, siswa yang sudah dinyatakan lulus pada jalur SNMPTN, akan diminta mengunggah nilai rapor untuk verifikasi dan dicocokkan dengan nilai sebelumnya. Jika tidak lulus verifikasi, siswa akan gagal di dua jenis ujian.

"Pertama tidak lulus di SNMPTN, kedua SBMPTN-UTBK otomatis tidak bisa lulus karena di SNMPTN sudah dinyatakan lulus, namun tidak jadi lulus karena nilai rapor yang diunggah tidak cocok sehingga siswa yang lulus verifikasi di SNMPTN sudah terkunci di sistemnya," ujar dia.

Ia mengatakan pada tahun ini penerimaan mahasiswa baru UNP melalui tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN)-Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan terakhir seleksi Mandiri.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA