Kamis 18 Feb 2021 18:22 WIB

MAMI Gandeng Standard Chartered Pasarkan Reksa Dana Syariah

Magold menawarkan peluang investasi di China dan India.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Investasi reksa dana (ilustrasi). Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) bekerja sama dengan Standard Chartered Bank Indonesia memasarkan reksa dana Manulife Saham Syariah Golden Asia Dolar AS (Magold).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Investasi reksa dana (ilustrasi). Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) bekerja sama dengan Standard Chartered Bank Indonesia memasarkan reksa dana Manulife Saham Syariah Golden Asia Dolar AS (Magold).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) bekerja sama dengan Standard Chartered Bank Indonesia memasarkan reksa dana Manulife Saham Syariah Golden Asia Dolar AS (Magold).

Director, Interim President Director MAMI, Afifa, menjelaskan, Magold merupakan reksa dana saham syariah offshore terbaru yang dikelola oleh MAMI. Magold menawarkan peluang investasi dari dua perekonomian terbesar di kawasan negara berkembang saat ini, yaitu China dan India. 

Baca Juga

Ke depannya, Afifa meyakini, kedua negara ini juga masih memiliki potensi pertumbuhan, baik dari sisi pertumbuhan ekonomi maupun perkembangan pasar sahamnya. Didukung oleh populasi yang besar, China dan India memiliki potensi ekonomi yang besar. 

Terlebih pada 2030, China dan India diperkirakan akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar di dunia dan memiliki peranan yang semakin penting dalam perekonomian global. "Tentunya ini akan memberikan potensi imbal hasil yang menarik," kata Afifa, Kamis (18/2). 

Magold mengalokasikan 80 persen hingga 100 persen dari aset yang dikelola untuk diinvestasikan di instrumen saham syariah di kawasan China dan India. Sedangkan sisanya sekitar nol persen hingga 20 persen akan diivestasikan di instrumen pendapatan tetap, sukuk, atau pasar uang yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. 

"Sesuai tolok ukurnya, Magold akan mengalokasikan sekitar 70 persen dari aset yang dikelola pada kawasan China dan 30 persen di India," kata Afifa.   

Selain Magold, dua reksa dana saham syariah offshore kelolaan MAMI lainnya yang tersedia di Standard Chartered adalah Manulife Saham Syariah Global Dividen Dolar AS (Mansyag) dan Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS (Mansyaf). 

Mansyag adalah reksa dana global dengan fokus investasi pada negara Amerika Serikat dan kawasan Eropa. Sedangkan, portofolio Mansyaf terdiversifikasi dengan berinvestasi pada saham-saham di berbagai negara yang ada di kawasan Asia Pasifik, khususnya di Asia Utara.

Reksa dana denominasi dolar AS kelolaan MAMI lainnya yang tersedia di Standard Chartered adalah Manulife Greater Indonesia Fund (MGIF) dan Manulife USD Fixed Income (Manufix) yang merupakan reksa dana onshore.   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement