Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Turunkan Berat Badan dengan Diet Golongan Darah

Kamis 18 Feb 2021 18:22 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Cara turunkan berat badan berdasarkan diet golongan darah.

Cara turunkan berat badan berdasarkan diet golongan darah.

Foto: Foto : MgRol_92
Yang terpenting, konsultasikan lebih dulu rencana diet Anda kepada ahli gizi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penurunan berat badan menjadi proses panjang dan membosankan bagi banyak orang. Meskipun diet dan olahraga adalah dua faktor terpenting untuk menurunkan berat badan, faktor-faktor seperti gaya hidup dan kualitas tidur dapat memengaruhi upaya penurunan berat badan Anda.

Kondisi kesehatan yang juga dapat memengaruhi kenaikan atau penurunan berat badan yaitu golongan darah Anda. Seperti dilansir di laman Times Now News, Kamis (18/2), banyak orang percaya diet yang bergantung pada golongan darah mungkin bisa berperan penting.

Peran golongan darah dalam penurunan berat badan tidak didukung oleh penelitian. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa berbagai diet bekerja lebih baik untuk orang dengan golongan darah tertentu, dibandingkan dengan yang lain.

Studi lain yang diterbitkan di PLOS menemukan bahwa orang yang mengikuti diet tertentu melihat peningkatan kesehatan mereka. Namun manfaat itu tidak bergantung pada golongan darah.

Lebih banyak penelitian yang dilakukan dari waktu ke waktu belum menemukan hubungan khusus antara golongan darah dan efek diet penurunan berat badan. Lantas, apa yang harus Anda makan untuk menurunkan berat badan, sesuai dengan golongan darah Anda?

Meskipun penelitian belum menemukan bukti untuk mendukung klaim tersebut, beberapa orang masih percaya hal itu. Mereka menganggap golongan darah memiliki kaitan dengan penyakit dan risiko beberapa penyakit, sehingga mereka harus mengonsumsi makanan sesuai golongan darahnya.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan sesuai dengan golongan darah Anda, inilah yang harus Anda makan:

1. Golongan darah A

Menurut informasi di situs web diet golongan darah, orang dengan golongan darah A harus tetap berpegang pada diet vegetarian dan memasukkan makanan murni, segar, dan organik ke dalam makanan mereka. 

2. Golongan darah B

Orang dengan golongan darah B disarankan mengonsumsi makanan yang kaya sayuran hijau, buah-buahan, produk susu, telur dan daging tertentu, termasuk kambing dan domba. Jagung, gandum, soba, lentil, tomat, kacang tanah, biji wijen, dan ayam harus dihindari oleh orang-orang dari golongan darah ini.

3. Golongan darah O 

Orang dengan golongan darah O didorong untuk menyantap makanan berprotein tinggi, berfokus pada makan daging, sayuran, buah-buahan dan ikan, tetapi harus membatasi biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

4. Golongan darah AB 

Orang dengan golongan darah AB dianjurkan untuk mengonsumsi tahu, produk susu, sayuran hijau, dan makanan laut. Mereka juga harus menghindari kafein, alkohol, dan semua daging yang diawetkan.

Intinya, pola makan sehat yang terdiri dari jumlah yang tepat untuk semua kelompok umur dan olahraga teratur adalah kunci penurunan berat badan. Orang yang ingin menurunkan berat badan harus menghindari makanan olahan, minuman manis, gorengan, dan makanan olahan.

Meskipun makanan di atas sehat, diet ketat tidak dianjurkan untuk menurunkan berat badan secara sehat. Sebaiknya, berkonsultasi terlebih dulu kepada ahli gizi ahli.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA