Kamis 18 Feb 2021 15:56 WIB

AS Kucurkan Dana 200 Juta Dolar untuk WHO

Mantan presiden Donald Trump sebelumnya menarik AS dari keanggotaan WHO

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Logo dan gedung kantor pusat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa, Swiss
Foto: EPA-EFE/MARTIAL TREZZINI
Logo dan gedung kantor pusat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa, Swiss

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan negaranya akan menyetorkan dana sebesar 200 juta dolar AS untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal itu dilakukan setelah pemerintahan Presiden Joe Biden membatalkan keputusan mantan presiden Donald Trump menarik AS dari badan tersebut.

“Ini adalah langkah maju kunci dalam memenuhi kewajiban keuangan kami sebagai anggota WHO dan itu mencerminkan komitmen baru kami guna memastikan WHO memiliki dukungan yang dibutuhkan untuk memimpin tanggapan global terhadap pandemi,” kata Blinken pada sesi virtual Dewan Keamanan PBB tentang Covid-19 pada Rabu (17/2).

Baca Juga

Dia mengungkapkan AS juga akan memberikan dukungan finansial signifikan kepada Covax, yakni program yang dipimpin WHO untuk menyediakan 20 persen vaksin gratis bagi negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Blinken menekankan AS akan bekerja sebagai mitra untuk mengatasi tantangan global.

"Pandemi ini adalah salah satu tantangan tersebut dan memberi kami kesempatan tidak hanya untuk melewati krisis saat ini, tetapi juga untuk menjadi lebih siap dan lebih tangguh untuk masa depan," ujar Blinken.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement