Kamis 18 Feb 2021 15:53 WIB

Erick Ingin Milenial Jadi Pimpinan BUMN

Erick menargetkan lima persen dari seluruh direksi BUMN berasal dari milenial

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menteri BUMN, Erick Thohir menyebut keberpihakan terhadap generasi muda dan perempuan merupakan salah satu fokus utama sejak mendapat mendapat amanah sebagai Menteri BUMN.
Foto: Kementerian BUMN
Menteri BUMN, Erick Thohir menyebut keberpihakan terhadap generasi muda dan perempuan merupakan salah satu fokus utama sejak mendapat mendapat amanah sebagai Menteri BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menegaskan komitmennya dalam memberikan kesempatan bagi para generasi muda dan perempuan untuk menempati posisi strategis di perusahaan-perusahaan pelat merah. Erick menyebut, keberpihakan terhadap generasi muda dan perempuan merupakan salah satu fokus utama sejak mendapat mendapat amanah sebagai Menteri BUMN.

"Dari berbagai kebijakan yang ingin saya wujudkan untuk kemajuan fundamental BUMN, kini dan kelak tentunya, adalah generasi muda, khususnya milenial berada di jajaran pimpinan puncak BUMN," ujar Erick saat webinar Awarding Indonesia Young Business Leaders Award 2021 di Jakarta, Kamis (18/2).

Baca Juga

Erick menargetkan lima persen dari seluruh direksi BUMN berasal dari generasi milenial. Selain itu, Erick juga meminta 15 persen jajaran direksi dan komisaris BUMN berasal dari keterwakilan perempuan. Erick mengaku memasukan tingkat persentase keterwakilan generasi muda dan perempuan ke dalam key performance indicator atau indikator kinerja utama.

"Ini bukan sekadar mendorong, bahkan saya menjadikan persentase keterwakilan generasi muda dan perempuan sebagai KPI bagi para direksi BUMN dalam menjalankan target ini," ucap Erick.

Tak sekadar membuka kesempatan bagi generasi muda dan perempuan, Erick juga menata lingkungan kerja BUMN agar mampu menunjang karier generasi muda dan juga perempuan untuk berkembang menjadi pemimpin berkualitas tinggi dan mencapai jabatan puncak. Erick menilai lingkungan kerja yang baik akan mendorong munculnya pemimpin-pemimpin muda berkualitas.

"Sosok pemimpin seperti apa yang dicari, kami tidak sekadar mencari pemimpin dari generasi muda, yang dicari dan ingin bangun adalah para pemimpin dan calon pemimpin yang memiliki core value Akhlak yang merupakan akronim dari amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif," lanjut Erick.

Kata Erick, BUMN mencari sosok-sosok yang terpanggil untuk belajar, tumbuh, dan berkontribusi untuk Indonesia. Erick menyampaikan Kementerian BUMN telah menetapkan Employee Value Proposition (EVP) atau proposisi nilai karyawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement