Kamis 18 Feb 2021 13:57 WIB

Soal Revisi UU ITE, Politikus: Pemerintah tak Kompak

Presiden Jokowi bilang revisi UU ITE, Menkoinfo bilang interpretasi

Almuzzammil Yusuf
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Almuzzammil Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anggota Komisi I DPR Almuzzammil Yusuf menilai pemerintah tidak kompak dalam persoalan UU ITE. Presiden Joko Widodo mengatakan revisi UU ITE, tapi menterinya bilang pedoman interpretasi UU ITE.

"Pemerintah gak kompak. Presiden baru bicara tentang revisi UU ITE. Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informasi Jhonny G Plate, Red) bicara interpretasi. Yang Mana yang akan dipegang publik?” ungkap Almuzzammil, kepada republika.co.id, Kamis (18/2).

Publik harus tahu tentang pernyataan yang harus dipegang, yaitu pernyataan Presiden Jokowi atau Menkoinfo Jhonny G Plate. "Pegang ucapan Presiden atau Mentri?” kata Almuzzammil.

Interpretasi itu, menurut Almuzzammil, tidak dikenal dalam tata perurutan perundang-undangan di  UU Nomor 12/2011 yang telah diubah dengan UU Nomor 15/2019 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

"Diperjelas dulu oleh Menkominfo  apa bentuk resmi  interpretasi Itu,  PP atau apa?. Dan dipertegas kembali pemerintah mau revisi atau mau apa sebenarnya,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement