Kamis 18 Feb 2021 10:48 WIB

Kota Pusaka Parakan Segera Direvitalisasi

Revitalisasi dilakukan seiring dengan ditetapkannya Kota Parakan sebagai Kota Pusaka.

Sejumlah wisatawan berkemah di kawasan wisata Temanggung, Jawa Tengah
Foto: Antara/Anis Efizudin
Sejumlah wisatawan berkemah di kawasan wisata Temanggung, Jawa Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah berencana merevitalisasi Kota Pusaka Parakan dengan mengajukan anggaran ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana mengatakan rencana revitalisasi Kota Pusaka Parakan, antara lain penataan lampu jalan, drainase, pembangunan City Walk, dan gapura identitas Kota Pusaka dengan anggaran sekitar Rp 5 miliar hingga Rp 10 miliar.

Menurut dia revitalisasi dilakukan seiring dengan ditetapkannya Kota Parakan sebagai Kota Pusaka oleh Kementerian PUPR pada 2015. Revitalisasi perlu dilakukan untuk mendukung beberapa ikon Kota Pusaka.

"Parakan dijadikan Kota Pusaka karena banyak nilai kebudayaan di kawasan tersebut, dari prakemerdekaan hingga pascakemerdekaan," kata Hendra, Kamis (18/2).

Ia menyampaikan saat ini masih dalam pengkajian dan penyusunan proposal sebagaimana tindak lanjut seminar nasional Kota Pusaka beberapa waktu lalu. Hendra berharap revitalisasi Kota Pusaka Parakan bisa dimulai pada 2022.

"Revitalisasi akan dilakukan secara bertahap, paling tidak selama tiga tahun, tahap pertama diharapkan dapat alokasi Rp 5 miliar hingga Rp 10 miliar," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement