Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Presiden Joe Biden Akhirnya Menelepon Netanyahu

Kamis 18 Feb 2021 07:20 WIB

Rep: Lintar Satria, Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya

Joe Biden dan Benjamin Netanyahu pada tahun 2016.

Joe Biden dan Benjamin Netanyahu pada tahun 2016.

Foto: Al Arabiya
Sambungan telepon ini membantah spekulasi Biden tidak terlalu menyukai Netanyahu.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melakukan sambungan telepon pertama dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu setelah tertunda cukup lama. Washington menyangkal spekulasi sengaja menunda menghubungi Netanyahu untuk menghina pemimpin Israel itu.

Ditundanya sambungan telepon ini menimbulkan spekulasi Biden tidak terlalu menyukai Netanyahu karena perdana menteri itu memiliki hubungan dekat dengan mantan Presiden Donald Trump. Pada tahun 2017 presiden dari Partai Republik tersebut menelepon Netanyahu dua hari setelah ia dilantik.

Biden yang dilantik 20 Januari lalu sudah menelepon puluhan kepala negara. Gedung Putih mengatakan Netanyahu yang memiliki sejumlah perbedaan pendapat dalam isu Timur Tengah dengan Biden salah satu kepala negara pertama di kawasan itu yang ia telepon.

Baca Juga

Para pakar menilai ditundanya Biden menelepon Netanyahu menunjukkan Presiden AS itu tidak ingin terlihat mendukung perdana menteri dalam pemilihan umum Israel 23 Maret mendatang. Beberapa pengamat mengatakan hal ini dapat membuat hubungan dua pemerintahan lebih dingin bila Netanyahu memenangkan pemilihan.

Namun tidak ada tanda-tanda ketegangan dalam laporan dua pemerintahan mengenai sambungan telepon tersebut. "Ini percakapan yang baik," kata Biden di Gedung Putih sebelum bertemu pemimpin-pemimpin buruh AS, Rabu (17/2) kemarin.

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA