Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

IPB University Lantik 800 Wisudawan

Kamis 18 Feb 2021 06:12 WIB

Red: Irwan Kelana

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria.

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria.

Foto: Dok IPB University
Rektor IPB: Jadilah  Alumni Berintegritas, Inovatif dan Inspiratif

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Rektor IPB University  mewisuda 800 orang wisudawan dalam Wisuda Tahap IV Tahun Akademik 2020/2021 untuk Program Pendidikan Sarjana, Profesi Dokter Hewan, Magister dan Doktor  yang dilaksanakan secara semi daring,  Rabu (17/2).

Dalam sambutannya Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria berpesan agar wisudawan dapat memperkuat identitas sebagai alumni yang bercirikan memiliki integritas kuat, inovatif dan inspiratif. Tiga ciri ini menurut rektor merupakan identitas alumni IPB University.

“Alumni IPB University diharapkan akan menciptakan inovasi-inovasi unggul yang dapat menginspirasi dan membangun kemajuan bangsa. Integritas, inovasi dan inspirasi merupakan  modal yang kita miliki yang akan memperkuat untuk menambah value alumni ketika terjun ke masyarakat,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Menurutnya, faktor utama kesuksesan adalah karakter, kejujuran yang memperkuat integritas. Dengan kepercayaan yang tinggi (high trust) akan membentuk high trust society. Dengan demikian akan muncul banyak peluang untuk  kolaborasi.

“Seorang ahli mengatakan bahwa inovasi masa depan merupakan inovasi yang bersifat kolaboratif. Yang akan menghubungkan titik satu dengan titik yang lain untuk membangun sinergi dan kolaborasi,” imbuhnya.

Pesan penting juga disampaikan oleh Himpunan Alumni (HA) IPB University yang diwakili oleh Dadan Kusdiana. Alumnus IPB University yang saat ini menjabat sebagai direktur jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral RI ini memaparkan beberapa program Himpunan Alumni (HA) sebagai upaya untuk memberikan kontribusi bagi almamater, bangsa dan negara.

“Dalam rangka memastikan lulusan mendapat tambahan kapasitas, HA IPB University memberikan mentoring leader. Ini merupakan program strategis HA,” ujarnya.

Di HA IPB University terdapat klaster-klaster alumni. Terdapat perwakilan dari birokrat, swasta, perusahan, nasional dan internasional. HA juga memiliki kegiatan Forum Bisnis untuk membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu di bidang pengabdian kepada masyarakat, HA membentuk Aksi Relawan Mandiri (ARM) untuk menyalurkan bantuan kemanusian di Indonesia.

“HA IPB University juga sering melakukan kegiatan-kegiatan berbasis kepedulian seperti donor darah, gerakan konservasi pohon langka dan banyak program HA IPB lainnya. Untuk itu kami tunggu kiprah dan kontribusi Anda semua. Saya berharap para alumni akan menjalani perjalanan yang sukses, semoga tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri dan keluarga tapi juga terhadap bangsa dan negara tercinta," ucapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA