Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

5 Faktor Penyebab Sedih dan Cara Mengobatinya

Kamis 18 Feb 2021 04:55 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat 5 penyebab datangnya kesedihan dan cara mengobatinya. Berdoa (Ilustrasi)

Foto:
Terdapat 5 penyebab datangnya kesedihan dan cara mengobatinya

3. Sedih karena menerima tuduhan palsu

Seorang hamba bersedih jika mendapatkan tuduhan palsu. Aisyah RA pernah didatangi seorang wanita yang mengadu soal dirinya yang mendapat tuduhan telah melakukan pencurian. Allah SWT berfirman: 

قَالُوا إِنْ يَسْرِقْ فَقَدْ سَرَقَ أَخٌ لَهُ مِنْ قَبْلُ ۚ فَأَسَرَّهَا يُوسُفُ فِي نَفْسِهِ وَلَمْ يُبْدِهَا لَهُمْ ۚ قَالَ أَنْتُمْ شَرٌّ مَكَانًا ۖ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا تَصِفُونَ

"Mereka berkata, 'Jika ia mencuri, maka sesungguhnya, telah pernah mencuri pula saudaranya sebelum itu'. Maka Yusuf menyembunyikan kejengkelan itu pada dirinya dan tidak menampakkannya kepada mereka. Dia berkata (dalam hatinya), 'Kamu lebih buruk kedudukanmu (sifat-sifatmu) dan Allah Mahamengetahui apa yang kamu terangkan itu'." (QS Yusuf: 77). Dalam Surat Al-An'am ayat 33, Allah SWT berfirman: 

قَدْ نَعْلَمُ إِنَّهُ لَيَحْزُنُكَ الَّذِي يَقُولُونَ ۖ فَإِنَّهُ مْ لَا يُكَذِّبُونَكَ وَلَٰكِنَّ الظَّالِمِينَ بِآيَاتِ اللَّهِ يَجْحَدُونَ "Sesungguhnya Kami mengetahui bahwasanya apa yang mereka katakan itu menyedihkan hatimu, (janganlah kamu bersedih hati), karena mereka sebenarnya bukan mendustakan kamu, akan tetapi orang-orang yang zalim itu mengingkari ayat-ayat Allah." 

4. Kesedihan seorang dai ketika berdakwah

Dai adalah orang-orang yang berupaya untuk terus-menerus berdakwah dan mengajak manusia kepada kebaikan sesuai ajaran Alquran dan sunnah. Allah SWT berfirman: 

لَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَفْسَكَ أَلَّا يَكُونُوا مُؤْمِنِينَ  "Boleh jadi kamu (Muhammad) akan membinasakan dirimu, karena mereka tidak beriman." (QS Asy-Syu'ara: 3)

Dalam ayat tersebut disampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW kala itu terlalu bersedih karena dakwahnya kepada orang-orang di sekitarnya mendapat penolakan. Beliau pergi ke Thaif untuk berdakwah tanpa menginginkan imbalan berupa dinar atau dirham, pun pada akhirnya tidak ditanggapi. Padahal, sebagaimana ayat tersebut, terlalu bersedih justru akan bisa membinasakan dirinya.

5. Sedih karena Bencana dan Malapetaka

Tentunya atas bencana dan malapetakan yang terjadi, setiap Muslim hendaknya terus memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk membebaskan umat Islam dari rasa sedih dan kesulitan.

 

Sumber: islamweb 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA