Kamis 18 Feb 2021 00:36 WIB

India Laporkan Penemuan Covid-19 Varian Baru

Varian ini terdeteksi pada empat pelancong yang masuk ke negara itu.

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Kasus infeksi virus Corona jenis baru (Covid-19) dengan varian lain yang pertama kali dikonfirmasi di Afrika Selatan dan Brasil kini ditemukan di India. Menurut laporan, varian ini terdeteksi pada empat pelancong yang masuk ke negara itu pada bulan lalu.

Lebih dari 150 kasus varian lain yang pertama kali terdeteksi di Inggris sebelumnya telah ditemukan di India. Kasus di India telah menurun secara dramatis dan seragam di seluruh negeri selama berbulan-bulan.

Baca Juga

Ketika pandemi Covid-19 melanda India, sempat ada kekhawatiran bahwa wabah akan menenggelamkan sistem kesehatan yang rapuh di negara dengan populasi terbesar kedua di dunia itu. Kasus infeksi meningkat secara dramatis selama berbulan-bulan dan pada satu titik tampaknya akan melampaui Amerika Serikat (AS) sebagai negara dengan jumlah kasus tertinggi.

Tetapi kasus Covid-19 di India mulai menurun pada September 2020. Saat ini negara tersebut melaporkan sekitar 11 ribu kasus baru setiap hari, menurun jauh, dari saat puncak wabah ketika jumlah kasus harian dapat mencapai 100 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement