Kamis 18 Feb 2021 02:50 WIB

Kamp Militer China di Perbatasan Himalaya Mulai Dikosongkan

Pasukan China tampak membongkar bangunan dan memindahkan kendaraan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Bendera China.
Foto: ABC News
Bendera China.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Sebuah gambar citra satelit yang dirilis pada Rabu (17/2) menunjukkan China telah mengosongkan seluruh kamp di sepanjang perbatasan Himalaya. Pasukan China tampak membongkar bangunan dan memindahkan kendaraan.

Citra satelit oleh Maxar Technologies menunjukkan beberapa kamp militer China di tepi utara Pangong Tso mulai dikosongkan. Pekan lalu, China mengumumkan rencana untuk menarik kembali pasukan dan peralatan militer lainnya dari Pangong Tso di wilayah Ladakh. Tindakan serupa juga dilakukan oleh pasukan India.

Baca Juga

"Tindakan serupa juga terjadi di pihak kami," ujar seorang pejabat India yang tidak menyebutkan namanya.

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengatakan kepada parlemen bahwa China dan India sepakat untuk menarik kembali pasukan "secara bertahap, terkoordinasi, dan diverifikasi" di sekitar Pangong Tso. Setelah penarikan pasukan, para komandan militer akan kembali melakukan pembicaraan untuk mengakhiri kebuntuan di bagian lain di perbatasan Ladakh.

"Mereka telah mundur selangkah untuk mengurangi ketegangan dan membuka jalan bagi de-eskalasi lebih lanjut," kata pejabat India yang tak mau disebutkan namanya itu. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement