Rabu 17 Feb 2021 23:25 WIB

Imam Amerika Ini Diberi Penghargaan

Steve Mustafa Elturk dinilai telah aktif menjangkau berbagai komunitas agama

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Steve Mustafa Elturk
Foto: About Islam
Steve Mustafa Elturk

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Seorang imam di Amerika akan menerima Penghargaan Pemimpin Antar Agama Robert A. Bruttell pada 22 Februari 2021 mendatang, sebagai pengakuan atas penjangkauan aktifnya ke komunitas agama yang beragam di Detroit, Amerika Serikat.

Imam tersebut bernama Steve Mustafa Elturk, presiden Organisasi Islam Amerika Utara. Mustafa Elturk merupakan pemimpin komunitas iman di Warren, tempat masjidnya berada.

Sebagai ketua bersama dari Komite Imam di Dewan Muslim Michigan, The Arab American News melaporkan bahwa dia telah berperan dalam secara aktif berhubungan dengan semua kelompok agama.

Penyelenggara penghargaan mengatakan, Imam Elturk telah bekerja untuk membantu komunitas Detroit yang lebih luas untuk memahami apa makna menjadi seorang Muslim Sunni.

 

Ketua Dewan Kepemimpinan Antar Agama, Pendeta Stancy Adams, mengatakan bahwa selama setahun tantangan dan konflik nasional dan lokal, mereka percaya bahwa hubungan antaragama yang positif, pendidikan dan konsiliasi lebih penting dari sebelumnya.

"Kami senang memberi penghargaan Pastor Thomas dan Imam Elturk sebagai contoh positif yang tak tergoyahkan dari kepemimpinan lintas agama di komunitas kami," kata Pendeta Adams, dilansir di laman About Islam, Rabu (17/2).

Ia mengatakan, Detroit Interfaith Outreach Network (DION) menyatukan individu dari berbagai agama dan latar belakang untuk mengembangkan pemahaman dan persahabatan melalui layanan antaragama, aktivitas budaya dan pendidikan. DION dan Gereja Katolik Fr. Norm Thomas of Sacred Heart di Detroit juga akan diberikan penghargaan.

Penghargaan akan diberikan dalam acara virtual pada pukul 19.00 waktu setempat. Acara penghargaan itu akan menampilkan wawancara dengan masing-masing penerima penghargaan.

Organisasi Islam Amerika Utara (IONA) mendirikan pusat dan masjidnya untuk membantu umat Islam dalam menjalankan kewajiban agama mereka. IONA dijalankan dan dikelola oleh anggota umum dan dewan direksinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement