Rabu 17 Feb 2021 14:24 WIB

Dampak Buruk Kafein Bila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Setiap orang diperbolehkan mengonsumsi hingga 400 miligram kafein setiap hari.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Setiap orang diperbolehkan mengonsumsi hingga 400 miligram kafein setiap hari.
Foto: Pixabay
Setiap orang diperbolehkan mengonsumsi hingga 400 miligram kafein setiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu efek samping utama dari minum kopi setiap hari, yaitu membuat Anda mulai minum lagi. Kafein dalam kopi membantu membuat tubuh lebih waspada sepanjang hari.

Dilansir dari eatthis, Rabu (17/2), menurut Queensland Health, kafein dalam kopi dapat meningkatkan tingkat energi, daya ingat, suasana hati, dan berbagai fungsi otak. Meski kafein biasanya mendapat reputasi buruk, sebenarnya ada banyak hal baik yang bisa didapat dari meminumnya secara teratur.

Baca Juga

Satu studi yang diterbitkan jurnal Longevity & Healthspan mengatakan, kafein dapat membantu memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan, bahkan menunda penyakit terkait usia, seperti Alzheimer. Kafein juga disebut dapat membantu tetap pada tujuan diet sehat, serta mengurangi sinyal insulin.

Menurut jurnal yang diterbitkan PLOS Biology, pengurangan sinyal insulin dapat membantu melindungi tubuh dari penurunan terkait usia dan memperpanjang umur. Meski memiliki efek samping yang menarik, tetapi jika tak berhati-hati, efek samping utama itu juga dapat menyebabkan beberapa kerusakan pada tubuh, misalnya karena minum kopi terlalu banyak.

Jadi, berapa banyak kopi yang harus dikonsumsi setiap hari? Menurut Mayo Clinic, setiap orang diperbolehkan mengonsumsi hingga 400 miligram kafein setiap hari. Karena rata-rata dalam 238 ml secangkir kopi memiliki sekitar 100 miligram kafein, artinya Anda diperbolehkan minum empat cangkir setiap hari, sebelum menemukan efek negatif.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan banyak efek samping negatif pada tubuh. Salah satu yang paling krusial adalah perasaan cemas dan gugup, yang disebut “kegugupan kopi.”

Selain itu, Mayo Clinic juga menunjukkan bahwa terlalu banyak kafein dapat menyebabkan sering sakit kepala, susah tidur, gugup, mudah tersinggung, sering buang air kecil, detak jantung cepat, tremor otot, dan banyak lagi. Healthline menunjukkan bahwa minum lebih dari 1.000 miligram kafein benar-benar akan memicu kecemasan.

Bahkan, bisa juga menyebabkan insomnia, serta membuat masalah pencernaan. Kuncinya adalah membatasi kopi pada empat cangkir dan menjaga kadar gula yang ditambahkan tak terlalu banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement