Rabu 17 Feb 2021 14:34 WIB

AS Sebut China akan Terima Konsekuensi Pelanggaran HAM

Biden berjanji menegaskan kembali peran Amerika sebagai juru bicara HAM di PBB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
 Presiden AS Joe Biden
Foto: AP/Evan Vucci
Presiden AS Joe Biden

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan Cina bakal menanggung dampak atau konsekuensi atas pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dilakukannya. Dia berjanji akan terus menegaskan peran AS yang dapat berimbas pada sikap Beijing.

"Kita harus berbicara untuk hak asasi manusia. Memang benar," kata Biden menanggapi pertanyaan moderator Anderson Cooper tentang perlakuan Cina terhadap minoritas Muslim Uighur. Biden berbicara di pertemuan balai kota CNN di Negara Bagian Wisconsin pada Selasa (16/2).

Baca Juga

Biden mengungkapkan, pekan lalu dia menjalin pembicaraan via telepon selama dua jam dengan Presiden China Xi Jinping. Biden menyebut mereka saling mengenal baik. Anderson Cooper kemudian menanyakan apakah akan ada dampak terhadap China atas pelanggaran HAM yang dilakukannya. "Ya, akan ada dampak bagi China, dan dia (Xi Jinping) tahu itu," jawab Biden.

Dia berjanji akan terus menegaskan kembali peran Amerika sebagai juru bicara HAM di PBB dan lembaga lain yang berdampak pada sikap China."China berusaha sangat keras untuk menjadi pemimpin dunia. Untuk mendapatkan julukan itu dan mampu melakukan itu, mereka harus mendapatkan kepercayaan dari negara lain," kata Biden.

 

Biden menyebut selama China terlibat dalam aktivitas yang bertentangan dengan HAM, sulit bagi mereka menjadi pemimpin dunia. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement