Rabu 17 Feb 2021 16:00 WIB

Alasan Muslim tak Perlu Menikahi Wanita Ahli Kitab

Muslim tak perlu nikah dengan wanita ahli kitab.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Alasan Muslim tak Perlu Menikahi Wanita Ahli Kitab. Foto: Ilustrasi Pernikahan Dini
Foto: Pixabay
Alasan Muslim tak Perlu Menikahi Wanita Ahli Kitab. Foto: Ilustrasi Pernikahan Dini

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Meskipun pernikahan antara lelaki Muslim dengan perempuan ahli kitab dihalalkan, namun para ulama tetap tidak menyukai (memakruhkan) pernikahan yang seperti itu. Terdapat alasan berkeberatan dari ulama dalam mengajukan hukum makruh tersebut.

Muhammad Bagir dalam buku Muamalah Menurut Alquran, Sunah, dan Para Ulama menjelaskan, ada alasan-alasan logis yang rasional dalam mencegah pernikahan antara lelaki Muslim dengan wanita ahli kitab.

Baca Juga

Sebab pernikahan lelaki Muslim dengan wanita ahli kitab akan mengurangi kesempatan menikah bagi perempuan-perempuan Islam. Selanjutnya, dikhawatirkan bahwa seorang istri non-Muslim seperti itu dapat mempengaruhi suaminya yang Muslim dan menjauhkannya dari agama Islam.

Selanjutnya, dikhawatirkan pula istri yang ahli kitab itu akan memberikan pendidikan anti-Islam kepada anak-anaknya. Atau membawa mereka ke gereja atau memasukkan mereka ke sekolah-sekolah yang tidak mengajarkan akidah dan akhlak Islami. Terutama jika si suami tidak termasuk orang yang tegas dalam memimpin rumah tangganya dan mendidik anak-anaknya.

Dijelaskan pula apabila si suami secara kebetulan adalah seorang pejabat penting negara, lebih-lebih di bidang keamanan yang mengetahui rahasia-rahasia negara, maka dikhawatirkan si istri yang non-Muslim itu akan membocorkan rahasia tersebut kepada negara lain yang memusuhi. Para ulama juga menyebutkan alasan negatif lainnya dari pernikahan jenis ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement