Rabu 17 Feb 2021 12:36 WIB

Menlu AS: Jalan Diplomasi dengan Iran sudah Terbuka

Blinken tidak menjelaskan apakah pemerintah AS sudah berhubungan langsung dengan Iran

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken
Foto: www.huffingtonpost.com
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan, jalan menuju diplomasi dengan Iran terkait kesepakatan nuklir 2015 (JCPOA) telah terbuka. Namun, Blinken tidak menjelaskan apakah pemerintahan Presiden Joe Biden telah berhubungan langsung dengan pejabat Iran.

"Jalan menuju diplomasi telah terbuka sekarang. Iran masih jauh dari kepatuhan (kesepakatan JCPOA). Jadi kita harus melihat bagaimana fungsinya," ujar Blinken kepada National Public Radio.

Baca Juga

Ketika ditanya apakah pemerintah AS melakukan diplomasi langsung, Blinken menegaskan, jika Iran melanjutkan kepatuhan dalam JCPOA maka AS juga akan melakukan hal serupa. Hal itu sesuai dengan pernyataan Presiden Biden beberapa waktu lalu yang mengatakan bahwa, AS akan mencabut sanksi jika Iran mematuhi kesepakatan JCPOA. 

“Presiden sudah sangat jelas kepada publik, berulang kali, tentang posisi kami. Dan kami akan melihat apa, jika ada, reaksi Iran terhadap itu," ujar Blinken.

Ketika ditekankan apakah AS akan melakukan diplomasi langsung dengan Iran pada masa depan, Blinken menjawab, "Pada titik tertentu, mungkin, jika ada keterlibatan dalam hal ini, itu harus harus membutuhkan diplomasi".

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement