Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

PPnBM Nol Persen, Ini Patokan Bunga Kredit Kendaraan

Rabu 17 Feb 2021 12:01 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

Kredit bank (ilustrasi)

Kredit bank (ilustrasi)

Foto: Tim Infografis Republika
Pemerintah akan memberikan diskon PPnBM mobil secara bertahap mulai Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan membebaskan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) bagi kendaraan mobil. Adapun kebijakan ini akan diberlakukan pada Maret sampai Mei 2021.

Selanjutnya pemerintah akan memberikan diskon PPnBM secara bertahap. Pada Juni sampai Agustus 2021, masyarakat akan mendapatkan potongan PPnBM sebesar 50 persen dan September sampai November 2021 potongan sebesar 25 persen.

Pemerintah menetapkan kebijakan ini untuk menyelamatkan industri otomotif nasional yang terpuruk sejak pandemi Covid-19.

Baca Juga

Republika.co.id mencoba merangkum sejumlah tawaran bunga untuk kredit kendaraan bermotor yang diberikan bank-bank nasional seperti PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Maybank Indonesia Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

PT Bank Central Asia Tbk

BCA memberlakukan suku bunga untuk layanan kredit kendaraan bermotor (KKB). Perusahaan memiliki dua program fix dan cap mobil baru dengan menyesuaikan lama kredit. 

Pada fix and cap lima tahun, BCA menawarkan bunga fix 5,6 persen pada tiga tahun pertama dan tujuh persen pada dua tahun berikutnya.

Kemudian fix and cap enam tahun, BCA menawarkan bunga 6,1 persen untuk empat tahun pertama dan 7,15 persen untuk dua tahun berikutnya. Program ini berlaku untuk kendaraan pribadi maupun badan usaha non-rental.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA