Saturday, 28 Sya'ban 1442 / 10 April 2021

Saturday, 28 Sya'ban 1442 / 10 April 2021

Makan Buah yang Tepat, Sebelum atau Sesudah Makan?

Rabu 17 Feb 2021 08:22 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti

Konsumsi buah-buahan (ilustrasi).

Konsumsi buah-buahan (ilustrasi).

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Anda harus memakan buah dengan pola benar agar bisa mendatangkan manfaat maksimal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memakan buah menjadi hal yang penting untuk menambah nutrisi pada tubuh. Pasalnya buah-buahan mengandung beberapa jenis vitamin alami yang bermanfaat.

Namun, ada pro kontra mengenai kapan sebaiknya Anda makan buah. Apakah makan buah lebih baik dilakukan pada saat sebelum makan besar atau malah lebih baik dilakukan pada saat setelah makan besar?

Kemungkinan tak jadi masalah kapan waktu yang tepat makan buah, apakah sebelum atau setelah makan besar. Tetapi, jika Anda adalah seorang penderita diabetes, maka perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk makan buah.

Ahli gizi Pooja Makhija baru-baru ini melalui Instagram berbicara tentang beberapa alasan spesifik mengapa Anda tidak boleh makan buah saat makan atau segera setelah makan sebagai pencuci mulut. Buah memiliki nutrisi yang mudah menguap.

"Mereka kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Mereka hilang ketika menunggu dicerna dengan protein, karbohidrat dan lemak dari makanan utama," ujar Makhija seperti yang dilansir di laman NDTV, Selasa (16/2). 

Artinya, meskipun Anda menyantap semangkuk kecil buah dengan makanan utama, atau setelah makan sebagai pencuci mulut, maka buah itu tak akan memberikan nutrisi pada tubuh. Malah, memakannya akan menambah lebih banyak kalori pada makanan.

Oleh sebab itu, makan buah setelah makan sebagai makanan penutup, mungkin juga bukan ide yang baik. Makhija mengatakan buah itu hanya akan menambah kalori dari makanan besar yang sudah Anda makan.

"Apa pun yang tidak dapat digunakan tubuh akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh," ujar ahli gizi yang berbasis di Mumbai itu.

Sementara, waktu terbaik untuk makan buah adalah sebagai camilan mandiri yang terpisah. Cara ini akan memberi Anda sedikit serat dan antioksidan, yang akan mengisi tubuh.

Hal ini juga akan cukup untuk memuaskan rasa lapar saat makan siang. Meskipun demikian, makan buah pada waktu sendiri sebagai camilan, tidak membunuh nafsu makan untuk makanan utama Anda.

Mengonsumsi buah-buahan pada pagi hari atau sebagai makanan pertama pada hari itu, juga merupakan hal yang sehat. Ini dapat membantu Anda memulai hari dengan cara tepat dan juga membantu meningkatkan pencernaan.

Secara keseluruhan, penting untuk dipahami bahwa makan buah dianggap penting untuk pola makan yang sehat dan seimbang. Namun, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah-buahan, Anda harus memakannya dengan pola yang benar. 

Pastikan buah-buahan yang Anda konsumsi adalah buah-buahan lokal dan musiman. Karena buah-buahan tersebut memfasilitasi keragaman dalam makanan dan menyehatkan organ usus Anda.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA