Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Liverpool Kalahkan RB Leipzig di Puskas Arena

Rabu 17 Feb 2021 05:03 WIB

Red: Israr Itah

Kiper RB Leipzig asal Hungaria Peter Gulacsi (kiri) berhadapan dengan Mohamed Salah dari Liverpool. Salah mencetak satu gol dalam kemenangan Liverpool 2-0.

Kiper RB Leipzig asal Hungaria Peter Gulacsi (kiri) berhadapan dengan Mohamed Salah dari Liverpool. Salah mencetak satu gol dalam kemenangan Liverpool 2-0.

Foto: EPA-EFE/TIBOR ILLYES
Liverpool menang 2-0 pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool melangkahkan satu kakinya ke perempat final Liga Champions 2020/21. Ini setelah the Reds memetik kemenangan 2-0 atas RB Leipzig pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Puskas Arena, Hungaria, Rabu (17/2) dini hari WIB.

Laga digelar di Hungaria karena pembatasan perjalanan ke Jerman akibat Covid-19. Liverpool memanfaatkan keuntungan venue netral ini dengan memetik kemenangan penting di tengah performa buruk di kompetisi lokal.

Baca Juga

Gol kemenangan Liverpool dicetak Mohamed Salah dan Sadio Mane. Keduanya memanfaatkan kesalahan bertahan tim yang musim lalu menembus semifinal Liga Champions tersebut. Sebaliknya, Leipzig gagal memaksimalkan sejumlah peluang emas untuk mencetak gol.

Jalannya laga

Sejak awal laga kedua tim bermain dalam tempo tinggi. Mengandalkan kecepatan dari kedua sisi serta aliran bola yang cepat mewarnai 15 menit pertama.

Liverpool memiliki peluang berbahaya lewat serangan umpan lambung cepat dari Thiago kepada Salah. Sayang, cungkilan pemain asal Mesir itu masih mengenai bahu kiper Peter Gulasci. Salah juga memiliki opsi mengumpan Mane yang berdiri sejajar, tetapi dia memilih menyelesaikan sendiri.

Leipzig merespon serangan itu dengan menerapkan tekanan ketat hingga jantung pertahanan Liverpool. Mereka berusaha merebut kembali bola dengan cepat dengan menempatkan hingga lima pemain menempel pemain lawan.

Dengan begitu, menciptakan situasi menyulitkan bagi Robertson dan Alexander-Arnold  dalam melancarkan tekanan. Keduanya tak leluasa menusuk jantung pertahanan seperti yang biasa mereka lakukan.

Pada menit ke-32, Andy Robertson membuat Gulasci sempat kalang kabut. Berawal dari sapuan Gulasci yang keluar dari kotak penalti, Robertson yang menguasai bola langsung melepaskan sepakan jarak jauh, tetapi bola hanya melebar tipis di atas mistar gawang.

Kendati Leipzig juga menerapkan permainan terbuka dan tekanan tinggi, mereka kesulitan membongkar lini pertahanan The Reds. Bola kiriman langsung ke kotak penalti Liverpool kerap dengan mudah dipatahkan.

Pada awal babak kedua, Leipzig hampir mengejutkan Liverpool, beruntung Alisson tampil gemilang dengan menepis sepakan Christopher Nkunku.

Setelah serangan itu, Salah membawa tim tamu unggul pada menit ke-53 setelah memanfaatkan kesalahan umpan Kevin Kampl yang berniat memberikan operan ke belakang ke Lukas Klostermann. Tetapi Klostermann terpeleset dan bola dikuasai Salah untuk diselesaikan dengan sempurna.

Hanya berselang lima menit...

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA