Rabu 17 Feb 2021 00:05 WIB

Kasus Covid-19 Menurun, Los Angeles Kembali Buka Sekolah

Sekolah tatap muka akan kembali diterapkan di Los Angeles, Amerika Serikat.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nora Azizah
Sekolah tatap muka akan kembali diterapkan di Los Angeles, Amerika Serikat (Foto: ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Sekolah tatap muka akan kembali diterapkan di Los Angeles, Amerika Serikat (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pejabat Kesehatan Los Angeles mengumumkan kabar baik yang banyak dinantikan, dimana kasus Covid-19 telah menunjukkan penurunan dan para siswa kemungkinan akan kembali belajar secara tatap muka. Meski guru tidak termasuk dalam golongan yang diprioritaskan vaksinasi, Gubernur Los Angeles Gavin Newsom mengatakan akan memasukkan mereka ke dalam gelombang selanjutnya.

Gubernur juga mengatakan pada pekan lalu bahwa dia tidak berharap semua guru akan divaksinasi segera. Namun, Newsom berpikir sekolah dapat dibuka kembali meskipun demikian.

Baca Juga

“Kami dapat melakukannya dengan aman sebelum setiap orang divaksinasi,” katanya yang dikutip di Deadline, Selasa (16/2).

Data Departemen Kesehatan Masyarakat California sejak awal 2021 hingga 1 Februari lalu mengkonfirmasi 87 kasus di lingkungan sekolah. Dari jumlah tersebut, 42 kasus terdeteksi di sekolah dasar, 33 di sekolah menengah, dan 12 di perguruan tinggi.

Pengawas LAUSD Austin Beutner mengatakan pada Senin (15/2) bahwa distrik tersebut telah melakukan perannya dalam memastikan bahwa setiap kampus aman. Untuk memaksimalkannya, mereka juga memastikan retrofit 80 juta kaki persegi ruang gedung sekolah untuk memastikan udara tersaring dengan benar, membersihkan dan mensterilkan setiap kamar di setiap sekolah, dan ketersediaan masker dan APD.

Ruang kelas dan fasilitas juga telah dikonfigurasi ulang untuk menjaga jarak sosial. Serta membuat pengujian COVID-19 berbasis sekolah dan program pelacakan kontak.

Beutner juga mengumumkan bahwa pusat vaksinasi COVID-19 berbasis sekolah pertama LAUSD akan dibuka Rabu (17/2) di Roybal Learning Center di 1200 Colton St. dekat pusat kota Los Angeles. Vaksin Moderna akan diberikan oleh perawat sekolah LAUSD dan tenaga kesehatan profesional berlisensi lainnya.

Microsoft, Anthem dan Cedars-Sinai Medical Center juga bergabung dalam upaya tersebut, dan upaya vaksinasi LAUSD akan menggunakan sistem yang dibangun dengan Microsoft. Hal itu juga termasuk pendaftaran dan penjadwalan, pelacakan vaksin dalam stok, dan pelacakan kontak.

“Negara mengizinkan sekolah dasar untuk dibuka kembali segera setelah kami mencapai tingkat kasus yang disesuaikan sebesar 25 per 100.000. Kami memberi tahu sekolah-sekolah di Los Angeles County malam ini melalui surat email yang akan kami umumkan bahwa kami telah mencapai ambang ini yang efektif mulai Selasa, 16 Februari,” ujar departemen kesehatan dalam pernyataannya, Senin (15/2).

Kabar menggembirakan ini memungkinkan lusinan sekolah dasar untuk dibuka kembali untuk pembelajaran di kelas. Semua sekolah yang ingin membuka kembali harus menyerahkan rencana ke Departemen Kesehatan Masyarakat County dan Departemen Kesehatan Masyarakat California, dan menyatakan bahwa mereka telah menerapkan berbagai tindakan keselamatan untuk mengizinkan pembukaan kembali yang aman.

“Ini merupakan pencapaian yang menggembirakan dan kami berharap dapat terus bekerja dengan semua pemangku kepentingan untuk memastikan keamanan bagi siswa, guru, dan staf yang kembali ke sekolah,” ujar Dr Barbara Ferrer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement