Selasa 16 Feb 2021 18:30 WIB

Pasien Covid-19 di Lampung Tambah 78 Orang

Sebagian kasus Covid-19 di Lampung berasal dari klaster keluarga dan perkantoran.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tes usap PCR. Ilustrasi
Foto: Republika/Thoudy Badai
Tes usap PCR. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pasien positif Covid-19 di Provinsi Lampung kembali bertambah 78 kasus pada Selasa (16/2). Sedangkan pasien positif sembuh bertambah 271 orang dan pasien positif meninggal dunia bertambah dua orang.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung, Selasa (16/2), total kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 11.603 orang. Pasien selesai isolasi total 9.757 orang, dan pasien meninggal dunia 605 orang.

“Penambahan 78 kasus konfirmasi positif,” kata Kepala Dinkes Lampung dr Reihana dalam keterangan persnya, Selasa (16/2).

Penambahan kasus baru positif Covid-19 tersebut tersebar di sembilan kabupaten/kota di Lampung. Sebanyak 52 pasien bergejala dan 26 pasien tidak bergejala.

Penambahan di antaranya berasal dari Kota Bandar Lampung 24 orang, Lampung Selatan 4 orang, Lampung Timur 2 orang, Lampung Utara 7 orang, Pringsewu 1 orang, Pesawaran 2 orang, Lampung Barat 7 orang, Lampung Tengah 22 orang, dan Waykanan 9 orang.

Dari 15 kabupaten/kota di Lampung, sudah tidak terdapat kabupaten/kota yang berstatus zona merah. Sebelumnya, terdapat dua daerah zona merah yakni Lampung Selatan dan Lampung Timur. Saat ini hanya terdapat 11 daerah zona oranye, dan empat daerah zona kuning.

Sejauh ini penambahan kasus di Lampung umumnya berasal dari perjalanan luar kota, klaster keluarga, dan perkantoran. Kepala Dinkes Bandar Lampung Edwin Rusli mencatat sekira 60 persen kasus Covid-19 di wilayahnya berasal dari hasil penelusuran kasus penularan virus corona di klaster perkantoran.

Selain itu, ia mengatakan, kasus Covid-19 juga paling banyak muncul dari klaster keluarga, dan juga orang yang memiliki riwayat perjalanan luar kota. Namun, sekarang kasus dari perjalanan sangat rendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement