Selasa 16 Feb 2021 18:30 WIB

Pakistan Tuduh India Lakukan Nuklirisasi di Samudra Hindia

Menteri Luar Negeri Qureshi mengatakan kebijakan agresif India menimbulkan ancaman

Red: Nur Aini
Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi pada Senin (15/2), menuduh India melakukan nuklirisasi di Samudera Hindia.
Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi pada Senin (15/2), menuduh India melakukan nuklirisasi di Samudera Hindia.

 

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi pada Senin (15/2), menuduh India melakukan nuklirisasi di Samudra Hindia. Dia mengatakan pemerintah New Delhi, dalam mengejar desain hegemonik, memasukkan sistem senjata canggih dan platform pengiriman ke dalam persenjataan angkatan lautnya.

Baca Juga

Berbicara pada Konferensi Maritim Internasional di Kota Karachi, Qureshi mengatakan negaranya akan terus mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk memastikan keamanannya dan untuk mempertahankan pencegahan minimum yang kredibel.

"Samudera Hindia menawarkan potensi yang menjanjikan untuk kerja sama dan kolaborasi. Tetapi persaingan geostrategis dan pengejaran dominasi militer oleh beberapa negara telah sangat membahayakan potensi itu," kata Qureshi.

Menteri luar negeri mengatakan bahwa kebijakan agresif India menimbulkan ancaman langsung dan meluas terhadap perdamaian dan keamanan internasional dan regional.

"Komunitas internasional perlu menyadari fakta bahwa konflik militer di Asia Selatan dapat membahayakan stabilitas di kawasan yang kritis bagi arus perdagangan dan keamanan global," ujar dia.

Konferensi tersebut merupakan bagian dari latihan angkatan laut multinasional selama seminggu yang diselenggarakan oleh Pakistan sejak Jumat lalu di Laut Arab.

Dengan partisipasi sekitar 45 negara, termasuk Amerika Serikat, Rusia, China, Turki dan Indonesia, ini merupakan kali pertama Moskow bergabung dengan latihan militer bersama anggota NATO dalam 10 tahun terakhir. Rusia terakhir kali berpartisipasi dalam latihan Brazen Monarch di lepas pantai Spanyol pada 2011.

Koridor Ekonomi China-Pakistan

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pakistan-tuduh-india-lakukan-nuklirisasi-di-samudera-hindia/2146500
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement