Selasa 16 Feb 2021 17:42 WIB

UMY Mengadakan UMKM Expo 2021

Ekspo ini guna memotivasi pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fuji Pratiwi
Produk UMKM disebuah ekspo (ilustrasi). UMKM Expo 2021 menjadi puncak dari program-program KKN yang dilaksanakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 13-16 Februari 2021.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Produk UMKM disebuah ekspo (ilustrasi). UMKM Expo 2021 menjadi puncak dari program-program KKN yang dilaksanakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 13-16 Februari 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian Indonesia. Sebagai bentuk dukungan terhadap sektor ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus menerjunkan KKN untuk memberikan pelatihan maupun pendampingan kepada UMKM.

UMKM Expo 2021 menjadi puncak dari program-program KKN yang dilaksanakan. Sejak 13-16 Februari 2021, UMKM Expo 2021 diselenggarakan virtual lewat Zoom Meeting dan YouTube, yang diisi pula bincang-bincang menghadirkan berbagai narasumber.

Baca Juga

Kegiatan diisi oleh Rektor UMY Gunawan Budiyanto, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Ketua Jaringan Saudagar Muhammadiyah Herry Zudianto. Kadiv KKN LP3M UMY, Aris Slamet Widodo mengatakan, ekspo mengusung tema Kreativitas Lokal Menuju Pasar Global.

Slamet menekankan, ekspo diselenggarakan untuk memberikan motivasi kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan mulai dari pengemasan sampai pemasaran. Ia berharap, UMKM Expo 2021 bisa menjadi ajang promosi dan meningkatkan pemasaran.

"Selain juga memperluas jaringan perdagangan karena diikuti ratusan UMKM dari DIY dan Jawa Tengah. Ekspo ini merupakan tempat yang baik dan tepat untuk bersilaturahmi," kata Slamet, Selasa (16/2).

Pada kesempatan itu, Rektor UMY Gunawan Budiyanto menambahkan, pelaku UMKM ini merupakan pejuang ekonomi. Bahkan, pada kondisi terburuk seperti krisis moneter pada 1998 lalu UMKM menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia.

"Tangan dingin mahasiswa UMY yang terus bergerak untuk melakukan pengabdian di tengah pandemi merupakan hal membanggakan, mari bersama kita buktikan kepada bangsa ini pejuang UMKM dapat memberikan sesuatu yang membanggakan bangsa," ujar Gunawan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement