Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Lima Ponpes di Sukabumi Jadi Sasaran Gerakan Jumat Berkah

Selasa 16 Feb 2021 17:32 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil

Lima Ponpes di Sukabumi Jadi Sasaran Gerakan Jumat Berkah. Foto:   Ilustrasi Pondok Pesantren

Lima Ponpes di Sukabumi Jadi Sasaran Gerakan Jumat Berkah. Foto: Ilustrasi Pondok Pesantren

Foto: SYAIFUL ARIF/ANTARA FOTO
Lima Ponpes di Sukabumi Jadi Sasaran Gerakan Jumat Berkah

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Beragam cara dilakukan dalam membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19. Gerakan sosial ini misalnya digagas komunitas Pola Pertolongan Allah (PPA) dan Yayasan Abulyatama Indonesia (YAI) yang menggulirkan gerakan Jumat Berkah Nasional (GJBN).

Di Kota Sukabumi, ada lima pesantren yang jadi sasaran gerakan tersebut. Ke lima pesantren itu antara lain Pesantren Baiti Jannati, Pesantren Assayuthiyyah, Pesantren Terpadu Al-Izza, Pesantren Al-Islamiyyah dan Pesantren Roudhotul Khairat Sukabumi. Penyaluran gerakan Jumat Berkah dilakukan pada Jumat 12 Februari 2021.

Baca Juga

''Gerakan sosial ini dilakukan setiap Jumat dengan berbagai bentuk kegiatan seperti berbagi sembako untuk para dhuafa dan berbagi nasi box,'' ujar Ketua Yayasan Abulyatama Indonesia (YAI) cabang Sukabumi, Falahuddin Al-Hudri, Selasa (16/2). Pada Jumat kemarin disalurkan sebanyak 500 potong ayam, 50 kilogram beras dan lebih dari 250 paket nasi box dihantarkan ke lima Pondok Pesantren di sekitar Kota Sukabumi dalam kegiatan GJBN.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Jumat Berkah Nasional yang dilaksanakan serentak di 105 kota/kabupaten se-Indonesia, Jumat, 12 Februari 2021. Gerakan yang mengambil tema Menghantarkan Kebahagiaan ini dilaksanakan dengan menghimpun dana sedekah dari anggota komunitas PPA di masing-masing kota.

Bantuan ini diberikan kepada para dhuafa, anak yatim, santri, para penghafal Al-Qur'an, atau korban bencana, dalam bentuk sembako, nasi box, uang tunai, kebutuhan pokok dan lain-lain. Namun lanjut Falahudin, khusus di hari Jumat lalu gerakan ini dilakukan serentak di 105 kota se-Indonesia untuk meluaskan syiar nilai-nilai sedekah dan nilai-nilai sosial di masa pandemi Covid-19.

Maka komunitas tersebut melakukan berbagai kegiatan yang positif khususnya dengan berbagi seperti ini kami ingin membagikan kebahagiaan bagi banyak orang. Dengan berbagi komunitas ini berharap Allah ridho dengan gerakan ini dan lebih banyak orang yang mendapatkan kebahagiaan dari adanya gerakan ini.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pemkot menetapkan gerakan Jumat sedekah setiap hari Jumat. '' Bisa berbagi dengan berbagai bentuk untuk warga yang membutuhkan bantuan,'' imbuh dia.

Selain itu dihari Jumat dilakukan doa bersama untuk mendoakan agar Sukabumi dan negara Indonesia terbebas dari pandemi Covid-19. Harapannya ikhtiar langitan ini bisa membantu untuk memulihkan Sukabumi dari pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA