Selasa 16 Feb 2021 16:41 WIB

Pengusaha Muslim Chennai Beri Donasi untuk Pembangunan Kuil

Pengusaha Muslim dari Kota Chennai menyumbangkan Rp 19 juta untuk pembangunan kuil

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Kuil Ram di Ayodhya.
Foto: Google.com
Kuil Ram di Ayodhya.

REPUBLIKA.CO.ID, CHENNAI -- Pengusaha Muslim dari Kota Chennai menyumbangkan 1 lakh rupee India atau Rp 19 juta untuk pembangunan Kuil Ram di Ayodhya. Sumbangan ini sekaligus menjadi isyarat untuk persahabatan komunal.

Shri Ram Janmbhoomi Teerth Kshetra (SRJTK) mendirikan sebuah Badan guna mengakomodasi donasi untuk membangun kuil. Kupon donasi nominalnya bertingkat, mulai dari 10, 100 dan 1.000 rupee India.

Sekretaris Organisasi Negara Bagian VHP, SV Srinivasan, menyebut sejumlah besar orang datang dan menunjukkan antusiasnya dalam berdonasi. "Semua orang yang kami dekati telah bermurah hati dalam menyumbang untuk tujuan mulia," katanya dilansir di New Indian Express, Selasa (16/2).

Anggota Hindu Munnani, W S Habib, yang juga seorang pengusaha Muslim turut serta dalam donasi dengan mengeluarkan cek sebesar 100.008 rupee India atau Rp 19 juta. Ia datang didampingi oleh relawan dari SRJTK.

"Saya ingin membina persekutuan antara Muslim dan Hindu. Kami semua adalah anak-anak tuhan. Saya menyumbangkan jumlah tersebut dengan keyakinan ini," kata Habib.

Dia juga mengatakan kerap merasa sedih melihat Muslim digambarkan sebagai anti-Hindu atau anti-India oleh beberapa pihak. Ia menyebut tidak ada yang salah dalam menyumbang untuk tujuan yang baik.

"Saya tidak akan menyumbang ke kuil lain. Tetapi, Kuil Ram berbeda karena perselisihan Ayodhya yang telah berlangsung puluhan tahun itu kini berakhir," lanjutnya.

Hindu Munnani merupakan salah satu organisasi yang juga terlibat dalam kampanye penggalangan dana ini. Mereka kerap mengadakan road show di berbagai bagian negara bagian, dengan tujuan mengumpulkan dana.

Presiden Hindu Munnani bagi Chennai, A T Elangovan, menyebut dalam salah satu kegiatannya, tiba-tiba seorang pria muncul dari kerumunan dan memberikan cek senilai 50.000 rupee (Rp 9,5juta). Tanggapan dari Muslim di Ram Bhakts disebut sangat tinggi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement