Selasa 16 Feb 2021 15:03 WIB

Mulai Beroperasi, INA-SWF Sasar Proyek Jalan Tol

Jalan tol memiliki multiplier effect yang besar dari pembangunan hingga beroperasi.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Friska Yolandha
 Lembaga pengelola investasi bernama Indonesia Investment Authority membidik investasi di bidang infrastruktur, terutama proyek jalan tol.
Foto: istimewa
Lembaga pengelola investasi bernama Indonesia Investment Authority membidik investasi di bidang infrastruktur, terutama proyek jalan tol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga pengelola investasi bernama Indonesia Investment Authority mulai beroperasi. Perwujudan pengelolaan Sovereign Wealth Fund (SWF) di Tanah Air ini menyasar sejumlah proyek jalan tol di periode awal pengaktifannya untuk digarap bersama investor asing potensial. 

Direktur Utama INA Ridha Wirakusumah menyampaikan, tujuan awal lahirnya lembaga pengelola investasi di Indonesia memang untuk mempercepat pembangunan. Salah satunya yang paling menonjol adalah infrastruktur, terutama proyek jalan tol. 

Baca Juga

"Yang dilihat pertama adalah sektor infrastruktur. Itu banyak sekali, walau saya tidak bisa ungkapkan dulu yang mana. Di pipeline kami sih banyak sekali. Yang tol yang akan kita jalankan dulu, nanti sisanya, apakah airport kah, pelabuhan, atau infrastruktur lain," kata Ridha dalam keterangan pers di kantor presiden, Selasa (16/2). 

Fokus INA untuk menggandeng lebih banyak investor dalam membiayai jalan tol bukan tanpa alasan. Ridha mengungkapkan, jalan tol memiliki efek ikutan (multiplier effect) yang besar dari saat pembangunan sampai mulai beroperasi. 

Selain itu, proyek jalan tol juga menyedot pembiayaan yang sangat tinggi. Dua alasan itulah, menurut Ridha, menjadikan proyek jalan tol sebagai fokus utama INA di periode awal berjalan. 

"Kita harus melihat dan kerja sama dengan pemilik tol. Kami ingin dengan bekerja sama dengan BUMN ini kalau ada investor masuk, investor itu kan menyertakan modal. Kita sama-sama sebagai pemilik, membetulkan tol ini bisa dioptimasikan bagaimana. Sehingga, kemajuannya betul-betul terlihat nyata," kata Ridha.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement