Selasa 16 Feb 2021 14:02 WIB

WHO Peringatkan Afrika dengan Risiko Wabah Ebola

Ebola telah ditemukan di Kongo dan Guinea, Afrika

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Pemakaman korban virus Ebola
Foto: VOA
Pemakaman korban virus Ebola

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, wabah Ebola di Republik Demokratik Kongo dan Guinea menimbulkan risiko regional yang membutuhkan kewaspadaan yang luar biasa, Senin (15/2). Untuk menahan penyebaran virus, kampanye vaksinasi Ebola telah dimulai di Butembo, daerah Kongo timur.

"Kami harus sangat waspada, sangat waspada," ujar pakar darurat WHO, Mike Ryan, mengatakan pada jumpa pers.

Baca Juga

Kongo telah mengonfirmasi empat kasus Ebola sejak kebangkitan virus diumumkan pada 7 Februari di Butembo. Wilayah tersebut adalah pusat wabah sebelumnya yang diumumkan pada Juni lalu.

Sedangkan, negara Guinea di Afrika Barat mengumumkan wabah Ebola baru pada Ahad (13/2), dengan tujuh kasus yang dikonfirmasi dan tiga kematian. "Penyakit ini (Ebola) mewakili risiko regional," ujar Ryan.

Penyebaran Ebola terjadiu di Guine diduga terjadi akibat proses pemakaman seorang perawat. Badan Keamanan Kesehatan Nasional (ANSS) melaporkan, sebanyak lima orang yang masih hidup telah diisolasi di pusat-pusat perawatan. Tidak diketahui kondisi perempuan yang dikuburkan pada 1 Februari yang jatuh sakit juga meninggal karena Ebola.

"WHO meningkatkan kesiapan & upaya respons terhadap potensi kebangkitan #Ebola di Afrika Barat, wilayah yang sangat menderita akibat Ebola pada tahun 2014," ujar Direktur Regional WHO untuk Afrika, Matshidiso Moeti, di Twitter.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement