Selasa 16 Feb 2021 11:50 WIB

Ini Kecanggihan Rudal Pintar Milik Iran

Iran sukses menggelar uji coba rudal jarak pendek.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Rudal Iran (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/IRANIAN ARMY OFFICE / HANDOUT
Rudal Iran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Angkatan Bersenjata Iran gelar uji coba rudal jarak pendek. Kantor berita IRNA mengutip Kepala Staf Angkatan Darat Iran Jenderal Kioumars Heidari yang mengatakan 'rudal pintar' Iran itu dapat menjangkau target sejauh 300 kilometer.

Heidari mengatakan rudal tersebut dapat berfungsi dalam 'kondisi cuaca apapun'. Ia tidak mengungkapkan dimana uji coba digelar.

Baca Juga

Angkatan Bersenjata Nasional Iran mengendalikan rudal jarak pendek. Sementara Garda Revolusi mengendalikan rudal jarak menengah dan jauh yang dapat menjangkau target sejauh 2.000 kilometer, cukup jauh mencapai pangkalan militer Israel dan Amerika Serikat (AS).

Wakil Kepala Angkatan Bersenjata Iran Laksamana Habibollah Sayyari mengatakan pada IRNA 'dalam waktu dekat' Iran dan Rusia akan menggelar latihan angkatan laut gabungan di utara Samudra Hindia. Sayyari mengatakan latihan itu bertujuan 'memperkuat keamanan' di kawasan.

 Baca Juga: Cek Fakta: Bantuan Tunai Rp 6,8 Juta dari Kominfo?

Latihan ini akan menjadi latihan gabungan kedua sejak kedua negara menggelar latihan bersama dengan angkatan laut Cina tahun 2019. Teheran ingin meningkatkan kerja sama dengan Beijing dan Moskow saat sanksi-sanksi AS masih menekan negara itu.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement