Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Ini Kecanggihan Rudal Pintar Milik Iran

Selasa 16 Feb 2021 11:50 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah

Rudal Iran (ilustrasi).

Rudal Iran (ilustrasi).

Foto: EPA-EFE/IRANIAN ARMY OFFICE / HANDOUT
Iran sukses menggelar uji coba rudal jarak pendek.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Angkatan Bersenjata Iran gelar uji coba rudal jarak pendek. Kantor berita IRNA mengutip Kepala Staf Angkatan Darat Iran Jenderal Kioumars Heidari yang mengatakan 'rudal pintar' Iran itu dapat menjangkau target sejauh 300 kilometer.

Heidari mengatakan rudal tersebut dapat berfungsi dalam 'kondisi cuaca apapun'. Ia tidak mengungkapkan dimana uji coba digelar.

Angkatan Bersenjata Nasional Iran mengendalikan rudal jarak pendek. Sementara Garda Revolusi mengendalikan rudal jarak menengah dan jauh yang dapat menjangkau target sejauh 2.000 kilometer, cukup jauh mencapai pangkalan militer Israel dan Amerika Serikat (AS).

Wakil Kepala Angkatan Bersenjata Iran Laksamana Habibollah Sayyari mengatakan pada IRNA 'dalam waktu dekat' Iran dan Rusia akan menggelar latihan angkatan laut gabungan di utara Samudra Hindia. Sayyari mengatakan latihan itu bertujuan 'memperkuat keamanan' di kawasan.

 Baca Juga: Cek Fakta: Bantuan Tunai Rp 6,8 Juta dari Kominfo?

Latihan ini akan menjadi latihan gabungan kedua sejak kedua negara menggelar latihan bersama dengan angkatan laut Cina tahun 2019. Teheran ingin meningkatkan kerja sama dengan Beijing dan Moskow saat sanksi-sanksi AS masih menekan negara itu.

Baca Juga

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA