Selasa 16 Feb 2021 09:59 WIB

IHSG Menguat Ditopang Sentimen Dalam Negeri

IHSG dibuka menguat ke level 6.291.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona positif pada perdagangan pagi ini, Selasa (16/2). IHSG dibuka menguat ke level 6.291 dibandingkan penutupan sebelumnya di level 6.270. 

Analis riset Artha Sekuritas Indonesia, Dennies Christopher mengatakan IHSG menguat didorong oleh sejumlah sentimen positif dalam negeri. Salah satunya setelah Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data neraca perdagangan. 

Baca Juga

"IHSG menguat setelah data Trade Balance mencatat kenaikan diatas ekspektasi," kata Dennies, Selasa (16/2). 

BPS melaporkan adanya surplus neraca perdagangan per Januari 2021 sebesar 2 miliar dolar AS. Kinerja perdagangan yang positif ini diyakini akan semakin mendorong progres pemulihan ekonomi tahun 2021.

Selain itu, penguatan IHSG juga didukung penurunan jumlah kasus harian Covid-19. Per 15 Februari 2021, kasus baru Covid-19 mencapai 6.462 kasus. Menurut Dennies, sentimen positif dari penurunan kasus harian Covid-19 masih akan mendorong IHSG.

"Selain itu pergerakan juga akan dipengaruhi hasil penetapan suku bunga Bank Indonesia," ujar Dennies.

Dennies pun memprediksi IHSG akan menguat pada akhir perdagangan hari ini. "Secara teknikal Candlestick membentuk higher high dan higher low didukung indicator stochastic yang melebar setelah membentuk goldencross," tutup Dennies.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement