DPR Dorong Genose Bisa Dipakai di Puskesmas

Komisi IX akan mengawal agar Genose bisa digunakan secara lebih luas

Selasa , 16 Feb 2021, 06:29 WIB
Rombongan anggota Komisi IX DPR RI mengembuskan nafas ke kantong plastik untuk mendeteksi COVID-19 yang kemudian diolah dengan alat GeNose C19 saat melakukan kunjungan kerja di Kampus UGM, Sleman, D.I Yogyakarta, Senin (15/2/2021). Dalam kunjungan kerja itu Komisi IX melihat dan mencoba secara langsung alat GeNose C19 hasil riset dan inovasi karya akademisi UGM yang saat ini telah banyak digunakan untuk alat deteksi awal COVID-19.

Rektor UGM, Prof Panut Mulyono, mengapresiasi dukungan yang diberikan Komisi IX DPR RI. Ia menilai, dukungan itu semakin memotivasi peneliti-peneliti UGM lain untuk dapat menghasilkan inovasi yang manfaatnya dirasakan langsung ke masyarakat.

 

"Semakin menguatkan UGM untuk terus berkiprah dan berkontribusi mencari solusi dari persoalan yang dihadapi bangsa agar kita segera ke luar dari krisis kesehatan dan ekonomi segera pulih," ujar Panut.

Inovator Genose C19, Prof Kuwat Triyana, mengaku hampir tidak percaya jika alat mereka bisa berkembang jauh dan sudah digunakan di beberapa stasiun dan RS. Ia mengaku bersyukur atas semua dukungan yang diberikan untuk pengembangan Genose.

"Padahal, Juli tahun lalu masih percaya dan tidak percaya apakah produk ini bisa jadi. Namun, dukungan dan proses yang kita lalui, hari ini mulai diterapkan di stasiun, Satgas Covid-19 Nasional juga mendukung implementasi Genose di lapangan," kata Kuwat.