Selasa 16 Feb 2021 05:50 WIB

Ketika Para Nabi Juga Berdoa Dijauhkan dari Orang Zalim 

Para nabi juga memanjatkan doa terhindar dari orang-orang yang zalim.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Para nabi juga memanjatkan doa terhindar dari orang-orang yang zalim. Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Para nabi juga memanjatkan doa terhindar dari orang-orang yang zalim. Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Terhindar dari orang zalim merupakan salah satu rahmat yang diberikan Allah SWT. Ini menjadi berkah bagi dirinya dan hendaknya sorang hamba senantiasa berdoa agar terhindar dari orang-orang zalim.

Dilansir dari laman Islamweb pada Senin (15/2), Banyak ayat-ayat yang disebutkan dalam Alquran agar dapat terhindar dari orang yang zalim. Bahkan, para nabi meneladankan berdoa dijauhkan dari perilaku zalim orang-orang yang zalim. 

Nabi Musa 

Nabi Musa meminta kepada Allah untuk menyelamatkannya dari Firaun dengan doa: 

 

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ Rabbi najjini minal qaumidhalimin. "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim." (QS al-Qashash: 21). 

Kemudian, Allah menyelamatkan Nabi Musa. Hal ini sama dengan nabi lainnya ketika berada dalam keadaan bahaya. Allah berfirman:

ثُمَّ نُنَجِّىۡ رُسُلَنَا وَالَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا‌ كَذٰلِكَ‌ۚ حَقًّا عَلَيۡنَا نُـنۡجِ الۡمُؤۡمِنِيۡنَ "Kemudian Kami selamatkan rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman, demikianlah menjadi kewajiban Kami menyelamatkan orang yang beriman." (QS Yunus: 103).

Nabi Luth 

Allah juga menjelaskan kisah Nabi Luth dalam Alquran, beliau berdoa agar terhindar dari orang zalim: 

رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ (Luth berdoa), "Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan." (QS as-Syu’ara’: 169).  

Nabi Hud meminta pertolongan kepada Allah SWT...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement