Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Selain Alquran, Berapa Kitab Suci yang Diturunkan Allah SWT?

Selasa 16 Feb 2021 05:58 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat kitab samawi selain Alquran yang diturunkan Allah SWT. Ilustrasi Alquran

Terdapat kitab samawi selain Alquran yang diturunkan Allah SWT. Ilustrasi Alquran

Foto: pxhere
Terdapat kitab samawi selain Alquran yang diturunkan Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Allah SWT menurunkan kitab kepada para utursan-Nya.  Apa saja kitab samawi yang diturunkan Allah itu.

Berikut ulasannya sebagaimana dilansir Mawdoo3 pada Selasa (16/2).  Tidak ada kepastian tentang berapa jumlah kitab samawi yang diturunkan. Jumlahnya tak diketahui dan kitab suci yang diketahui dan disebutkan dalam Alquran yaitu Kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa, dan kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa, dan kitab Zabur kepada Nabi Dawud, serta suhuf kepada Nabi Ibrahim.  

Setiap Muslim harus beriman terhadap seluruh kitab-kitab suci samawiyah, maka tidak ada faidah atau manfaat yang diperoleh dari menghitungnya.

Sedangkan dengan penjelasan hadits bahwa jumlah kitab samawi mencapai seratus empat kitab, maka hadits ini palsu dan mengada-ada atau hadits batil maudhu. Nama-nama kelima kitab yang ditutunkan Allah kepada rasul-Nya dan dijelaskan sebagai berikut: 

Alquran Al-Karim  

Alquran secara bahasa berasal dari kata alqura, yaitu berarti jamak dan menggabungkan. Sebagaimana disebutkan Quran, menyusun dan  mengumpulkan dari kisah-kisah dan perintah, dan ayat-ayat. Dan ayat-ayat disusun menjadi surat, dan bersama surat lainnya. Secara istilah maka Alquran itu adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Dan Alquran ditulis di suhuf dan disampaikan dengan penuturan sebagai sebuah lafaz penuh keajaiban. 

Kitab Injil 

Adalah kitab yang diturunkan Allah kepada Nabi Isa. Dan kitab Injil telah disebutkan di dalam Alquran sebanyak dua belas kali. Dan Allah menggambarkan sifat Injil dalam Alquran dengan sesungguhnya Injil itu petunjuk, cahaya, dan nasihat. Sebagaimana firman Allah:

وَقَفَّيۡنَا عَلٰٓى اٰثَارِهِمۡ بِعِيۡسَى ابۡنِ مَرۡيَمَ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيۡنَ يَدَيۡهِ مِنَ التَّوۡرٰٮةِ‌ ۖ وَاٰتَيۡنٰهُ الۡاِنۡجِيۡلَ فِيۡهِ هُدًى وَّنُوۡرٌ ۙ وَّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيۡنَ يَدَيۡهِ مِنَ التَّوۡرٰٮةِ وَهُدًى وَّمَوۡعِظَةً لِّـلۡمُتَّقِيۡنَ

"Dan Kami teruskan jejak mereka dengan mengutus Isa putra Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat. Dan Kami menurunkan Injil kepadanya, di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya, dan membenarkan Kitab yang sebelumnya yaitu Taurat, dan sebagai petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa." (QS Al-Maidah: 46). 

Kitab Taurat

Adalah kitab yang diturunkan Allah kepada Nabi Musa. Dan kitab Taurat telah disebutkan di dalam Alquran delapan belas kali. Dan menggambarkan sifat kitab Taurat dengan petunjuk, cahaya, dan pembeda. Serta di dalamnya berisi penjelasan detail tentang segala sesuatu. Allah berfirman:

إِنَّا أَنزَلْنَا التَّوْرَاةَ فِيهَا هُدًى وَنُورٌ "Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi) …," (QS Al-Maidah: 44).  

Kitab Zabur adalah kitab yang diturunkan Allah kepada...

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA