Selasa 16 Feb 2021 01:25 WIB

Warga 15 Dusun Terdampak Gempa Majene akan Direlokasi

Kerusakan bangunan akibat gempa di Majene disebut mencapai 7.240 unit.

Warga mengambil barang dari sisa reruntuhan bangunan di Mamuju Sulawesi Barat, Jumat (29/1/2021).
Foto: ANTARA/Akbar Tado
Warga mengambil barang dari sisa reruntuhan bangunan di Mamuju Sulawesi Barat, Jumat (29/1/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Pemerintah Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat akan merelokasi warga di 15 dusun yang terdampak gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo pada 15 Januari 2021. Relokasi warga di dusun di dua kecamatan tersebut lantaran lokasi dinilai sudah tidak layak dihuni pascagempa.

Bupati Majene Lukman, mengungkapkan itu pada zoom meeting pembahasan kemajuan pelaksanaan rehabilitasi/rekonstruksi pascagempa Sulbar yang berlangsung di ruang rapat Bupati Majene, Senin (15/2). Zoom meeting dipimpin langsung Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Warga di enam dusun di Kecamatan Malunda dan Ulumanda meminta relokasi karena kawasan itu tidak layak dihuni setelah diguncang gempa. Kami akan segera melakukan relokasi warga pada 15 dusun tersebut," kata Lukman.

Secara rinci, relokasi warga terdampak gempa di Kecamatan Ulumanda dilakukan pada 10 dusun di tiga desa. Pertama di Desa Kabiraan yang terdiri dari Dusun Kabiraan dihuni 74 Kepala Keluarga (KK), Dusun Babbasondong dengan 48 KK, Dusun Tammerimbi dihuni 45 KK, Dusun Tammerimbi Barat dihuni 44 KK, serta 37 KK di Dusun Tammerimbi Utara.

Selanjutnya, di Desa Tandeallo, yakni Dusun Lombe dihuni 38 KK, Dusun Paku dihuni 33 KK, sebanyak 32 KK di Dusun Bette Betteng dan Dusun Pangngadaang dihuni 37 KK serta satu dusun di Desa Popenga yaitu Dusun Pullao yang dihuni 33 KK.

Sedangkan di Kecamatan Malunda juga terdapat lima dusun di tiga desa, yakni Desa Bambangan, masing-masing Dusun Bambangan dihuni 60 KK, Dusun Batususun dengan 85 KK dan di Desa Mekkatta terdapat dua dusun, yakni Dusun Aholeang dihuni 57 KK, Dusun Rui di huni 35 KK serta Dusun Salurindu di Desa Salutahonang dengan 30 KK.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement