Senin 15 Feb 2021 22:44 WIB

Haql, Kota Pesisir Arab Saudi dengan Legenda 'Titanicnya'

Haql adalah kota di pesisir Arab Saudi yang terkenal dengan legenda Titanicnya

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Haql adalah kota di pesisir Arab Saudi yang terkenal dengan legenda Titanicnya
Foto: Arab News
Haql adalah kota di pesisir Arab Saudi yang terkenal dengan legenda Titanicnya

IHRAM.CO.ID, JEDDAH—Kota paling utara di Arab Saudi yang hanya berjarak sekitar 1.000 mil dari garis pantai Laut Merah, Haql dianggap memiliki potensi untuk menjadi tempat rekreasi dan situs penyelaman bagi penduduk Kerajaan. 

Tak jauh dari kota, terdapat Teluk Ras Al-Mashee, daerah yang kurang dikenal yang telah menarik penyelam yang berenang di sekitar bangkai kapal Georgios G yang setengah tenggelam, yang dikenal sebagai "Titanic Arab Saudi," dan menikmati berbagai ikan dan karang. 

Baca Juga

Kapal kargo buatan Inggris, yang kandas di terumbu karang pada 1978, merupakan rumah bagi belut moray, ikan singa, barakuda, hiu macan pasir, dan belut taman.

Haql juga menawarkan banyak tujuan alam, mulai dari tebing yang berjatuhan dan air jernih yang dipenuhi ekosistem laut yang berkembang hingga terumbu karang warna-warni dan pantai berpasir putih yang dikelilingi pegunungan seperti Jabal Al-Tayeb. 

Dengan populasi penduduk yang tidak banyak, daerah ini merupakan lokasi utama bagi para petualang yang ingin berkemah di salah satu pantai yang menawan di daerah tersebut. 

Waleed Bakhraibah, 43 tahun, seorang penyelam profesional, mengatakan telah mengunjungi situs tersebut lebih dari 20 kali dalam dekade terakhir, dengan membawa serta istri dan putra tertuanya beberapa bulan yang lalu. 

Bakhraibah, yang kesehariannya bekerja di sektor pemerintah, sering mengira anak-anaknya akan menikmati banyak pantai yang masih asli di daerah itu.

"Saya masih kagum dengan keindahan tenang yang mengelilingi bagian dalam kapal," katanya yang dikutip di Arab News, Senin (15/2).

“Terakhir kali saya berkunjung, saya mencoba untuk diam dan menikmati semua yang ada di sekitar saya, mulai dari ikan hingga belut, berenang dengan bebas. Saya hanyalah seorang pengamat,” sambungnya.

Pantai Al-Sultaniyyah, 42 km selatan Haql, telah menarik arus wisatawan yang kecil namun tetap selama beberapa bulan terakhir dengan airnya yang sebening kristal dan murni. 

Penduduk Haql sendiri lebih suka pergi ke Palm Garden, sebuah area taman yang menawarkan pemandangan Teluk Aqaba dan sekitarnya yang indah. Taman itu penuh dengan pohon palem, dan memiliki banyak area untuk keluarga dan anak-anak.

Sumber: https://www.arabnews.com/node/1809311/saudi-arabia   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement