Senin 15 Feb 2021 17:34 WIB

Kenali Faktor Penyebab Nyeri Bahu

Menurut penelitian, lebih dari 70 persen orang akan mengalami efek nyeri bahu.

Menurut penelitian, lebih dari 70 persen orang akan mengalami efek nyeri bahu.
Foto: PixaHive
Menurut penelitian, lebih dari 70 persen orang akan mengalami efek nyeri bahu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit orang yang mengalami masalah ini. Karena faktanya, menurut laporan Harvard Medical Shcool, lebih dari 70 persen orang akan mengalami efek nyeri bahu.

Mengutip jurnal di Healthline, Senin (15/2), bahu adalah sendi bola-dan-soket yang memiliki tiga tulang utama, yakni humerus (tulang lengan panjang), klavikula (tulang selangka), dan skapula (juga dikenal sebagai tulang belikat). Tulang-tulang ini dilindungi oleh lapisan tulang rawan.

Baca Juga

Beberapa faktor dan kondisi dapat menyebabkan nyeri bahu. Penyebab paling umum adalah rotator cuff tendinitis. Ini adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan tendon. Penyebab umum nyeri bahu lainnya adalah sindrom pelampiasan di mana rotator cuff terjepit di antara acromium (bagian dari skapula yang menutupi bola) dan kepala humerus (bagian bola humerus).

Terkadang nyeri bahu adalah akibat cedera pada lokasi lain di tubuh Anda, biasanya leher atau bisep. Ini dikenal sebagai nyeri yang dirujuk. Nyeri yang dirujuk umumnya tidak bertambah buruk saat Anda menggerakkan bahu.

Penyebab nyeri bahu lainnya di antaranya radang sendi, tulang rawan robek, manset rotator robek, kantung bursa atau tendon bengkak, taji tulang (proyeksi tulang yang berkembang di sepanjang tepi tulang), saraf terjepit di leher atau bahu, patah tulang bahu atau lengan bahu beku, dislokasi bahu, cedera karena penggunaan yang berlebihan atau berulang, cedera saraf tulang belakang, dan serangan jantung.

Jika Anda memeriksakan keluhan ini ke tenaga medis, dokter akan meminta riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Tes pencitraan, seperti sinar-X atau MRI, dapat menghasilkan gambar bahu Anda yang mendetail untuk membantu diagnosis.

Dokter mungkin juga mengajukan pertanyaan untuk menentukan penyebabnya. Pertanyaan yang muncul seperti, Apakah nyeri di satu bahu atau keduanya? Apakah nyeri ini mulai tiba-tiba? Jika ya, apa yang kamu lakukan? Apakah nyeri berpindah ke area lain di tubuh Anda? Apakah area yang nyeri menjadi merah, panas, atau bengkak?, dan lain sebagainya.

Anda harus menghubungi dokter jika Anda mengalami demam, ketidakmampuan untuk menggerakkan bahu, memar yang berkepanjangan, panas dan nyeri di sekitar sendi. Bisa pula nyeri yang terus berlanjut setelah beberapa minggu perawatan di rumah.

Jika nyeri bahu Anda tiba-tiba dan tidak terkait dengan cedera, segera rumah sakit karena ini mungkin tanda serangan jantung. Tanda-tanda serangan jantung lainnya termasuk kesulitan bernapas, sesak dada, pusing, keringat berlebih, nyeri di leher atau rahang juga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement