Senin 15 Feb 2021 15:56 WIB

Jalan Brebes-Tegal yang Ambrol Bakal Pulih dalam Pekan ini

Jalan tergerus air hingga membuat badan jalan membentuk lubang menganga di Brebes.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Dwi Murdaningsih
Jalan Rusak (Ilustrasi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Jalan Rusak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG—Proses perbaikan jalan penghubung Brebes- Tegal yang ambles di ruas Kaliwadas, wilayah Desa Batursari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah bakal rampung pecan ini.

Perbaikan infrastruktur jalan yang tergerus air hingga membuat badan jalan membentuk lubang menganga tersebut telah dilakukan. Perbaikan jalan dilakukan setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menerima laporan.

Baca Juga

“Kerusakan jalan tersebut sudah ditangani dan dalam minggu ini pekerjaan diperkirakan sudah beres,” ungkap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Semarang, Senin (15/2).

Menurut gubernur, jalan penghubung Brebes- Tegal di ruas Kaliwadas yang mengalami kerusakan tersebut sudah diperbaiki. Kemarin, sudah dilakukan proses pembuatan gorong- gorongnya.

Proses penanganan dari awal juga terus dipantau dan progresnya juga telah diunggah oleh gubernur di media sosialnya. “Maka saya memastikan dalam pekan ini sudah bisa selesai,” tambahnya.

Usai kejadian, jelas gubernur, sudah ada petugas yang diperintahkan untuk mendatangi lokasi dan mempersiapkan perbaikan. Sejumlah peralatan juga sudah didatangkan di lokasi kerusakan tersebut.

Guna menghindari hal- hal yang tidak diinginkan, masyarakat untuk sementara jangan mendekat atau melihat di lokasi jalan yang rusak tersebut. Terlebih lagi proses pekerjaan perbaikan juga sudah berjalan.

Sebab menyusul beredarnya video kerusakan jalan tersebut, justru banyak masyarakat yang dating hanya untuk melihat lokasi kerusakan. “Sekarang sedang dikerjakan, insya Allah beberapa hari ke depan proses perbaikannya sudah selesai, maka saya imbau masyarakat untuk tidak dating ke lokasi untuk meliihat proses perbaikan,” tambahnya.

Gubernur juga mengimbau agar masyarakat proaktif untuk melaporkan dan menginformasikan melalui aplikasi ‘Jalan Cantik’. Sebab dari laporan masyarakat tersebut, maka proses penanganan jalan yang rusak di Jawa tengah akan bias ditengani lebih cepat.

“Dengan laporan itu, maka petugas akan bisa langsung ke lokasi untuk melakukan proses perbaikan,” katanya

Sebelumnya jalan penghubung Brebes-Tegal di ruas Kaliwadas, Desa Batursari Kecamatan Sirampog ambles dan menimbulkan kubangan menganga cukup besar dan dalam pada Sabtu (13/2).

Akibatnya, jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda empat atau lebih, dan hanya bisa dilewati kendaraan roda dua serta pejalan kaki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement