Senin 15 Feb 2021 08:33 WIB

Spotify Cukup Berat Bermain di Korea Selatan

Layanan streaming musik di Korea saat ini didominasi pemain lokal.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Spotify Technology SA yang membuka layanannya di Korea Selatan pada awal bulan ini diperkirakan akan menghadapi persaingan sengit di pasar streaming musik.
Foto: EPA
Spotify Technology SA yang membuka layanannya di Korea Selatan pada awal bulan ini diperkirakan akan menghadapi persaingan sengit di pasar streaming musik.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Spotify Technology SA yang membuka layanannya di Korea Selatan pada awal bulan ini diperkirakan akan menghadapi persaingan sengit di pasar streaming musik di negara itu. Saat ini, streaming layanan musik didominasi oleh pemain lokal.

Meskipun perusahaan Swedia itu merupakan salah satu layanan streaming audio teratas di dunia, yaitu dengan 345 juta pengguna di 93 pasar, tetapi Spotify sedang bersaing dengan layanan lokal yang sudah mapan di Korea Selatan. Negara dengan julukan Negeri Gingseng itu adalah pasar musik terbesar keenam di dunia.

Baca Juga

Ada layanan streaming seperti teknologi Melon raksasa Kakao Corp, Genie Music di bawah operator telekomunikasi KT Corp., dan maskapai saingan Flo, SK Telecom. Pada Oktober tahun lalu, pelacak seluler IGAWorks melaporkan Melon menempati peringkat layanan streaming musik teratas di negara itu dengan 8,81 juta pengguna aktif bulanan, diikuti Genie Music dengan 4,47 juta, dan Flo pada 2,86 juta.

Dilansir The Korea Herald pada Senin (15/2), Spotify bertujuan untuk berhasil di pasar lokal. Dengan daftar putar yang dirancang khusus untuk pendengar Korea Selatan menggunakan algoritme terbaru dan tim ahli K-pop.

 

Harta karun raksasa streaming audio lebih dari 70 juta lagu dan empat miliar daftar putar, bagaimanapun tetap kekurangan lagu dari beberapa artis besar Korea Selatan, seperti IU. Hal itu membuat banyak orang bertanya-tanya apakah mungkin Spotify mengikuti jalur Apple Music, yang berjuang untuk menarik pengguna setelah gagal untuk mengamankan musik lokal?

Spotify belum mencapai kesepakatan dengan raksasa hiburan Kakao M, distributor musik top negara itu dan anak perusahaan Kakao. Raksasa audio Swedia itu masih bertaruh pada platform yang lebih luas, dengan layanan podcast akan diluncurkan di negara itu pada tahun ini.

Spotify mengatakan akan fokus pada pengamanan konten podcast lokal, serta menyediakan podcast asli dan eksklusif untuk negara tersebut. Spotify juga harus menangkis persaingan dari pesaing baru di sektor streaming audio, seperti layanan media sosial obrolan audio Clubhouse.

Aplikasi khusus undangan, yang dikembangkan oleh Alpha Exploration Co. yang berbasis di AS, baru-baru ini menghebohkan forum daring Korea Selatan, dengan pengguna menjual undangan aplikasi secara seharga 19 ribu won (sekitar Rp 240 ribu).

Masuknya Spotify ke Korea Selatan telah mendorong saingan lokal untuk meningkatkan layanan mereka. Genie Music mengatakan akan menyediakan playlist lagu-lagu real-time yang muncul di program kompetisi musik TV dan membuat fitur database musik terbuka, di mana pengguna dapat berpartisipasi. Flo bergandengan tangan dengan layanan audiobook lokal Welaaa pada bulan lalu, menawarkan audiobook di platform streaming musik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement