Senin 15 Feb 2021 06:54 WIB

8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan paru-paru di tengah pandemi.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan paru-paru di tengah pandemi.
Foto: Reuters
Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan paru-paru di tengah pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Virus yang menjadi pandemi saat ini, yaitu virus korona, menyerang alat vital bagi pernafasan kita yaitu paru-paru. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan paru-paru kita agar terhindar dari penyakit-penyakit paru-paru, termasuk Covid-19, asma, COPD atau penyakit paru obstruktif kronik,  bronkitis, dan kanker paru-paru yang paling fatal.

Para dokter pun menyarankan beberapa cara yang jauh lebih mudah untuk menjaga kesehatan paru-paru. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan, seperti dilansir laman Eat This, Senin (15/2).

Baca Juga

1. Jangan merokok dan berhenti jika merokok

Hal paling pertama yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah berhenti merokok. Menurut CDC, merokok adalah penyebab utama kematian yang dapat dicegah.

Merokok dapat menyebabkan perkumpulan kondisi kesehatan, termasuk kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit paru-paru, diabetes, dan penyakit paru obstruktif kronik yang meliputi emfisema dan bronkitis kronis. Ini juga dapat meningkatkan risiko tuberkulosis, penyakit mata tertentu, dan masalah sistem kekebalan, termasuk rheumatoid arthritis.

Menurut Matthew Mintz, MD, bahkan jika Anda bukan perokok berat, Anda harus mempertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan itu selamanya. "Meskipun ada hubungan dosis antara merokok dan penyakit paru-paru, tidak ada jumlah rokok yang sehat," katanya.

2. Jika rokok tak disarankan, maka vape pun tak disarankan

"Selain beberapa hal berbahaya yang kami dengar baru-baru ini tentang vaping, ada beberapa laporan tentang konsekuensi vaping," kata Dr. Mintz. Dia menjelaskan vaping atau merokok elektrik dalam bentuk apapun dari nikotin tidak baik untuk tubuh secara umum, dan dapat membahayakan paru-paru.

3. Hindari asap rokok

Meskipun merokok itu buruk, bahaya asap rokok juga tidak terlalu berbahaya. Menurut CDC, 7.300 orang meninggal akibat kanker paru-paru setiap tahun akibat perokok pasif.

"Jika Anda tinggal dengan perokok atau bekerja di sekitar perokok, minta mereka berhenti atau tidak merokok di sekitar Anda," desak Dr. Mintz.

 

4. Tetap pantau kondisi paru-paru, termasuk saat pilek

Ahli alergi dengan Jaringan Alergi & Asma  Purvi Parikh, MD, mendorong Anda yang memiliki penyakit pernapasan seperti asma atau emfisema, termasuk pilek, untuk ke dokter dan memastikannya terkendali. "Penting untuk minum obat yang tepat jika Anda menderita penyakit paru-paru kronis seperti pilek atau asma untuk mencegahnya berkembang," kata Dr. Parikh.

Penting juga untuk memastikan diri kita untuk menggunakan dosis yang tepat dari obat apa pun yang diresepkan oleh dokter. Kita bisa menemui dokter dan pastikan diri menggunakan inhaler setiap hari untuk mencegah asma semakin parah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement