Senin 15 Feb 2021 05:59 WIB

5 Manfaat Baca Alquran Bagi Muslim, Ada yang Tunai di Dunia

Terdapat sejumlah manfaat membaca Alquran bagi seorang Muslim

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat sejumlah manfaat membaca Alquran bagi seorang Muslim. Ilustrasi Membaca Alquran
Foto: dok. Republika
Terdapat sejumlah manfaat membaca Alquran bagi seorang Muslim. Ilustrasi Membaca Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada beberapa faedah bagi setiap Muslim yang membaca Alquran. Setidaknya ada lima faidah sebagaimana dikutip dari laman Mawdoo. 

Pertama, seorang Muslim membaca Alquran akan memperoleh ganjaran pahala yang besar sebagaimana dijelaskan dalam Alquran. Allah SWT berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ ۚ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan sholat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi (29), agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Mahapengampun lagi Mahamensyukuri (30)." (QS Fathir: 29-30)

Rasulullah SAW, dalam hadits riwayat Bukhari, menyebutkan, bahwa tilawah Alquran adalah salah satu dari dua hal yang membuat seseorang iri. Beliau bersabda: 

لا حَسَدَ إلَّا في اثْنَتَيْنِ: رَجُلٌ عَلَّمَهُ اللَّهُ القُرْآنَ، فَهو يَتْلُوهُ آناءَ اللَّيْلِ، وآناءَ النَّهارِ "Iri hati itu hanya kepada seorang pria yang mengajarkan Alquran sehingga ia membacanya pada malam hari dan siang hari."

Kedua, memperoleh syafaat...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement