Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

...

Ini Alasan Mengapa Kita Harus Mendapatkan Vitamin D

Ahad 14 Feb 2021 21:49 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Endro Yuwanto

Vitamin D (Ilustrasi)

Vitamin D (Ilustrasi)

Vitamin D biasa kita dapatkan dengan mudah dari sinar matahari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meningkatkan imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi dan memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh merupakan cara agar kita tetap sehat dan jauh dari penyakit. Salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh adalah vitamin D.

Vitamin D biasa kita dapatkan dengan mudah dari sinar matahari yang setiap hari muncul di pagi hari. Namun demikian, kita kerap kesulitan jika cuaca di luar rumah pada hari itu mendung dan tidak bersahabat sehingga kita tak mendapat sinar matahari.

Menurut laman Metro, yang dilansir Ahad (14/2), para ahli merekomendasikan agar kita semua harus mengonsumsi suplemen vitamin D di musim penghujan untuk memastikan kita mencapai dosis 10 mikrogram yang diperlukan. Sebab, kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi tulang, gigi, dan otot kita.

Ada juga beberapa laporan bahwa vitamin D dapat membantu mengurangi risiko virus corona atau Covid-19. Studi tersebut sedang berlangsung. Namun demikian, saat ini tidak ada cukup bukti untuk mendukung penggunaan vitamin D untuk mencegah atau mengobati virus corona.

"Meskipun vitamin D ditemukan di beberapa makanan, akan sulit mendapatkan cukup vitamin D dari makanan saja. Status vitamin D memengaruhi kesehatan sistem kekebalan kita dan dengan lebih banyak waktu yang dihabiskan di dalam ruangan dan lebih sedikit perjalanan yang memengaruhi paparan sinar matahari kita, ini menempatkan kita pada peningkatan risiko tingkat vitamin D yang lebih rendah,” ujar ahli gizi dari layanan kesehatan Bioniq di Inggris, Clarissa Lenherr.

Memiliki cukup vitamin, kata Lenherr, penting untuk membantu seluruh tubuh berfungsi dengan baik. Clarissa menambahkan, Vitamin D berperan dalam segala hal mulai dari kesehatan tulang dan energi hingga fungsi sistem kekebalan dan suasana hati.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA