Ahad 14 Feb 2021 21:30 WIB

Hadiri Perayaan Imlek, Wapres Minta Jaga Kerukunan

Kerukunan adalah faktor utama dalam menjaga keutuhan bangsa.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Mas Alamil Huda
Wakil Presiden Ma
Foto: KIP/Setwapres
Wakil Presiden Ma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta seluruh organisasi kemasyarakatan terutama yang berbasis agama ikut berperan dan berkontribusi dalam  menjaga kerukunan antarumat beragama. Sebab, kata Ma'ruf, kerukunan adalah faktor utama dalam menjaga keutuhan bangsa.

“Saya berharap seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas), terutama yang berbasis agama, untuk terus berperan dan berkontribusi dalam upaya ikut menjaga antarumat beragama, membangun kesatuan dan keutuhan nasional," kata Ma'ruf saat menghadiri virtual Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili, Ahad (14/2).

Selain menjaga kerukunan, Wapres pada kesempatan itu mendorong peran para pemuka agama terus mendukung upaya pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Ia mengingatkan kunci utamanya adalah kedisiplinan untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Nasihat dan bimbingan pemuka agama akan memperkuat keyakinan dan kepatuhan umatnya tentang akibat apabila tidak menerapkan protokol kesehatan,” kata Wapres.

Secara khusus, ia juga meminta Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) mendukung upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional akibat pandemi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) ini. Wapres juga berharap kondisi ekonomi nasional dapat dipulihkan secara cepat melalui dukungan dari organisasi masyarakat.

“Saya berharap dukungan MATAKIN dan seluruh umat Konghucu akan memberikan dampak yang berarti bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19,” harapnya.

Wapres pun optimistis bangsa Indonesia mampu menghadapi masa sulit dan mampu bangkit dari pandemi ini. “Saya percaya dengan semangat dan usaha yang terbaik, diiringi doa, serta inovasi dan kreativitas, kita dapat melewati masa sulit ini serta dapat kembali membangun Indonesia yang lebih baik,” kata Wapres optimistis.

Wapres juga berharap perayaan Tahun Baru Imlek pada saat pandemi tidak mengurangi kekhidmatan perayaan serta agar tahun yang baru ini dapat menjadi tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Selamat Hari Raya Tahun Baru Imlek ke-2572 kepada umat Khonghucu. Semoga perlindungan dan berkah Yang Maha Kuasa, serta upaya membersihkan hati, menyucikan nurani, dan berusaha supaya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Ma'ruf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement