Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

...

Real Madrid Pilih Mbappe atau Haaland?

Ahad 14 Feb 2021 19:35 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Bintang PSG Kylian Mbappe.

Bintang PSG Kylian Mbappe.

Foto: AP/Christophe Ena
Mbappe dan Haaland akan sama-sama menelan biaya transfer sekitar 150 juta euro.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid sedang bersiap memperkuat skuadnya pada musim panas mendatang. Keinginan tersebut tak akan lagi ditunda-tunda apabila melihat penampilan Madrid musim ini yang tak konsisten baik di Spanyol maupun Eropa.

Apalagi, Madrid cukup menghemat di bulan Januari karena tak mendatangkan pemain dan justru menjual beberapa pemain yang ada. Laporan Diario AS, dikutip dari Football Espana, Ahad (14/2), ambisi utama Madrid adalah mendatangkan penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe. Mbappe memang idaman pelatih Madrid Zinedine Zidane sejak lama.

Namun keinginan itu sepertinya akan berjalan rumit. Di samping harganya yang sangat fantastis, PSG juga pasti mati-matian menahan bintangnya hengkang. Pasalnya, Mbappe salah satu ruh kekuatan Les Parisien.

Ada nama lain yang bisa menjadi alternatif Madrid jika Mbappe gagal didatangkan yaitu penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland dan gelandang Rennes, Eduardo Camavinga. Tetapi nama Haaland lebih sepadan dengan Mbappe untuk didatangkan Madrid.

Mbappe dan Haaland akan sama-sama menelan biaya transfer sekitar 150 juta euro. Namun perbedaannya terletak kepada tuntutan gaji. Mbappe diperkirakan akan meminta di kisaran 37 juta euro bersih. Sedangkan, Haaland sekitar 12 juta euro.

Jelas biaya gaji tersebut memberatkan Madrid di tengah krisis keuangan akibat pandemi. Seluruh tagihan gaji Madrid saat ini mencapai 448 juta euro. Ini bisa membuat Madrid menghabiskan hampir seluruh pendapatan, yaitu 617 juta euro.

Berbeda halnya pada situasi normal, Madrid dapat meraup pendapatan mencapai 800 juta euro. Ada kemungkinan membawa Haaland pada musim panas 2022 dengan biaya transfer berkisar 75 juta euro. Jika didatangkan musim panas ini biayanya jelas akan jauh lebih mahal.

Madrid bagaimanan pun berada pada posisi tepat untuk mendatangkan Haaland. Sebab pemain asal Norwegia itu ingin berseragam Real Madrid. Dan agennya, Mino Raiola, ingin berbisnis lagi dengan Madrid usai hubungannya dengan Presiden Madrid Florentino Perez sempat memburuk pada 2016 karena gagal mencapai kesepakatan soal Paul Pogba.

Hubungan Perez dengan CEO Dortmund, Hans-Joaquim Watzke, yang baik juga menjadi jalan bagi Madrid merekrut Haaland. Jadi, apakah Mbappe atau Haaland yang akan berlabuh ke Santiago Bernabeu musim panas mendatang?

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA