Ahad 14 Feb 2021 19:09 WIB

Muhammadiyah Luncurkan Sistem IT Manajemen Covid-19 di RS

Sistem ini telah diintegrasikan dengan Sistem Manajemen Covid-19 MCCC PP Muhammadiyah

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Muhammadiyah
Foto: wikipedia
Muhammadiyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah  didukung oleh Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) dalam tujuh bulan terakhir telah melaksanakan berbagai program untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 melalui Program Mentari Covid-19. Terakhir, program ini untuk meluncurkan secara resmi Sistem Informasi Layanan Covid-19 bagi RS Muhammadiyah-Aisyiyah (RSMA) yang selama ini telah dikembangkan untuk membantu penanganan Covid-19 di Rumah Sakit.

Sistem Informasi Layanan Covid-19 ini merupakan teknologi aplikasi berbasis web atau internet. Sistem ini telah diintegrasikan dengan Sistem Manajemen Covid-19 MCCC PP Muhammadiyah dan dapat dikembangkan sebagai Single ID pasien di rumah sakit. Pengembangan sistem dimaksudkan agar dapat menghubungkan data layanan Covid-19 antara jaringan Rumah Sakit Muhammadiyah-Aisyiyah (RSMA).

Setelah melalui proses pengujian dan pemasangan sistem di 30 RSMA, sistem ini diharapkan dapat membantu RS dalam penanganan Covid-19 yang lebih baik, khususnya dalam pengelolaan data dan informasi serta proses respon kasus yang lebih cepat. Dimana sistem ini dapat memberikan peringatan dini apabila terjadi lonjakan kapasitas, serta sebagai media komunikasi yang lebih cepat antar rumah sakit. Sistem ini juga diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang dapat diadaptasi atau direplikasi oleh berbagai pihak yang membutuhkan.

Direktur USAID Indonesia, Ryan Washburn, dalam pernyataannya mengatakan pemerintah Amerika Serikat, melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat, mendukung 30 pusat perawatan Covid-19 di jaringan Rumah Sakit Muhammadiyah untuk memberikan perawatan yang lebih baik. 

"Kami bangga membantu Muhammadiyah menyediakan layanan yang lebih berkualitas bagi pasien COVID-19 sekaligus membantu tenaga kesehatan garis depan untuk tetap terlindungi," kata Ryan, Kamis (11/2).

Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan (YANKES) Kemenkes RI, Rita Rogayah, mengucapkan selamat atas diluncurkannya Sistem IT bagi RSMA, dan menyampaikan apresiasinya yang tinggi kepada USAID yang telah memberikan bantuannya kepada Pemerintah Indonesia melalui berbagai program termasuk kolaborasinya dengan MPKU PP Muhammadiyah. Rita juga menyampaikan terima kasih kepada Muhammadiyah yang selama ini tanpa kenal lelah membantu masyarakat dan Pemerintah Indonesia dalam penanganan Covid-19. Bantuan yang diberikan USAID dan Muhammadiyah tentunya akan sangat membantu meringankan beban Rumah Sakit dan sekaligus membantu meringankan beban Pemerintah Indonesia dalam menangani pasien Covid-19.

Ketua MPKU PP Muhammadiyah, Agus Samsudin, sebagai penanggung jawab program Mentari Covid-19, sekaligus Ketua MCCC Muhammadiyah, menyampaikan bahwa pihaknya sangat bergembira atas kolaborasi yang telah berlangsung selama tujuh bulan terakhir dengan USAID, serta merasa bersyukur dan bangga bahwa Program Mentari Covid-19 telah berjalan dengan baik sesuai yang direncanakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement