Ahad 14 Feb 2021 18:14 WIB

Coba Aktivitas Ini Buat Hibur Anak-Anak Selama di Rumah Saja

Orang tua harus memutar otak agar anak-anak tak bosan dan tetap bisa berkreativitas.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Endro Yuwanto
Anak bermain di rumah (ilustrasi).
Foto: PxHere
Anak bermain di rumah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak dimungkiri, berada di rumah saja selama hampir satu tahun karena pandemi pasti membuat siapa saja bosan. Apalagi, bagi orang tua yang memiliki anak-anak balita atau anak yang beranjak remaja. Mereka harus terus memutar otak agar anak-anak tak bosan dan tetap bisa berkreativitas di tengah keterbatasan.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan bersama anak saat berada di rumah saja? Berikut beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak yang patut dijajal seperti dilansir dari laman Closer Online, Ahad (14/2).

1. Menjadi Sahabat Pena

Kecanggihan teknologi memang berdampak baik bagi kita yang saat ini harus menjaga jarak karena pandemi. Kita bisa saling berkabar melalui panggilan video atau mengobrol melalui aplikasi perpesanan dengan mudah dan cepat.

 

Namun, kita bisa meninggalkan itu sejenak untuk mencari hal baru bagi anak-anak. Bangkitkan kembali seni menulis surat dengan mendorong anak-anak untuk menulis kepada teman dan kerabat mereka, baik di dalam kota maupun di luar kota.

Selain bisa menjaga tali silaturahim selama karantina wilayah, mereka juga bisa melatih tulisan tangan dan ejaan mereka. Kita bisa mengirimkannya ke bus surat terdekat atau langsung mengirimkannya melalui pos.

2. Menari Bersama

Salah satu hal yang dapat membuat suasana hati tetap baik dan senang adalah mengajak anak-anak kita menari, meski hanya di sekitar ruang tamu. Orang tua dapat membantu anak-anak menyiapkan tari virtual bersama teman-temannya dengan bergiliran membuat playlist dengan musik yang sudah mereka miliki. Orang tua juga bisa mengatur waktu pesta dan memutarnya di latar belakang saat melakukan panggilan video.

3. Lakukan Perjalanan Virtual

Meskipun perjalanan untuk piknik ke berbagai tempat wisata harus dibatasi, tak ada salahnya jika kita mengajak anak-anak yang lebih tua untuk menjelajah beberapa tempat secara virtual. Dengan kemajuan teknologi, kita bisa menjelajah Istana Buckingham yang terletak ribuan kilometer dari rumah hanya dengan menggunakan internet.

4. Buat Area Rintangan di Rumah

Untuk membunuh kebosanan, kita bisa mengajak anak-anak membuat area rintangan di rumah. Kita dapat membuat rintangan sendiri dengan menggunakan tali, saling silang dari satu dinding ke dinding lainnya, menyisakan celah kecil untuk dilewati anak-anak.

Anak-anak yang lebih besar dapat menikmati hal-hal seperti melompat dengan tali di tempat, sementara yang kecil dapat merangkak melalui terowongan, melompat di tempat, dan membangun menara tinggi dari batu bata mainan. Setelah jadi, atur permainan mereka, dan lihat apakah mereka dapat mengalahkan skor mereka sendiri.

5. Membantu Remaja Belajar Keterampilan Baru

Untuk anak-anak yang lebih tua dan sedang bosan, membuat sebuah prakarya akan memicu imajinasi mereka. Hal ini juga akan membuat mereka sibuk sementara kehidupan sosial mereka tertahan, daripada sekadar bermain gawai.

Selain kegiatan-kegiatan di atas, orang tua juga bisa membantu anak-anak memulai kegiatan baru seperti membuat situs, memulai podcast dan memproduksinya, atau belajar bermain gitar. Anak-anak juga bisa kita ajak memasak dan membuat kue bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement